Jutaan Anak Muda Kesulitan Bayar Pinjol, Segini Jumlah Menurut Data Analytic Terbaru

Jutaan Anak Muda Kesulitan Bayar Pinjol, Segini Jumlah Menurut Data Analytic Terbaru

Jutaan anak muda kesulitan bayar pinjol--

Bahaya dari kemudahan mendapatkan pinjaman

Muncul kritik terhadap penyelenggara pinjol yang terlalu mudah memberikan pinjaman tanpa mempertimbangkan secara matang kondisi finansial calon peminjam. 

Aktivis keuangan, menekankan perlunya peningkatan dalam mekanisme credit scoring, termasuk mempertimbangkan data historis perbankan calon peminjam. 

Dia mencatat bahwa bahkan siswa SMA dapat dengan mudah menggunakan layanan pay later dengan hanya memerlukan foto KTP, tanpa perlu tanda tangan orangtua.

Dampak literasi keuangan yang rendah

Pentingnya literasi keuangan menjadi sorotan, terutama dalam menghadapi penetrasi pinjol yang cepat di masyarakat. Pengetahuan yang kurang dalam hal keuangan dapat membawa masyarakat pada jurang utang yang sulit untuk keluar. 

BACA JUGA:Ingat! Utang Pinjol Tidak Bisa Hangus, Cek 5 Fakta Pinjol Legal Sebelum Mengajukan Pinjaman

BACA JUGA:7 Pinjol Resmi OJK Bunga Rendah Tak Perlu BI Checking, 5 Menit Dana Langsung Cair dan Siap Digunakan

Fithra Faisal, ekonom Universitas Indonesia, menegaskan bahwa tugas berat literasi keuangan bukan hanya tanggung jawab OJK, tetapi juga pemangku kepentingan terkait, termasuk industri pinjol dan lembaga pendidikan seperti kampus.

Upaya regulasi

Pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berusaha mengatasi masalah ini dengan meningkatkan regulasi terkait pemberian pinjaman daring. 

Agusman, Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK, mengakui bahwa porsi penyaluran dana pinjaman daring untuk kegiatan produktif masih rendah, hanya sekitar 30 persen. 

Namun, OJK memiliki target ambisius untuk meningkatkannya hingga 70 persen pada 2028, sesuai dengan peta jalan Pengembangan dan Penguatan Lembaga Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi 2023-2028.

BACA JUGA:Jasa Joki Galbay Pinjol Data Busuk Makin Marak, Aman atau Tidak? Begini Penjelasannya

BACA JUGA:3 Alasan Pengajuan Paylater Ditolak Selain Masalah Skor Kredit yang Buruk

Sumber: