Pasar Weekend Prepil Jadi Destinasi Wisata Baru di Kota Tegal, Patung T-Rex Curi Perhatian

 Pasar Weekend Prepil Jadi Destinasi Wisata Baru di Kota Tegal, Patung T-Rex Curi Perhatian

PERESMIAN-Camat Tegal Timur To’at Hartono meresmikan Pasar Weekend Prepil Kampung KB Werkudoro di bantaran sungai Ketiwon Kampung KB Werkudoro RT 1 RW 5 Kelurahan Slerok, Sabtu 18 November 2023. -Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kota Tegal, Pasar Weekend Prepil nampaknya bisa masuk dalam daftar kunjungan akhir pekan nanti. Lokasinya berada di bantaran Sungai Ketiwon Kampung KB Werkudoro RT 1 RW 5 Kelurahan Slerok Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.

Warga Kota Tegal dapat menikmati destinasi wisata baru tersebut sekaligus kulineran. Pasar Weekend Prepil Slerok dan Taman Prepil ini menjadi tempat wisata dengan ciri khas kuliner yang terdiri pedagang UMKM dengan konsep saung-saung dan payung-payung.

Di atas tanggul Sungai Ketiwon di Jalan Werkudoro RT 1 RW 5 Kelurahan Slerok, daerah ini adalah cikal bakal berdirinya Kampung KB Werkudoro. Kampung KB sendiri dibentuk oleh masyarakat di bawah binaan DPPKBP2PA Kota Tegal dengan tujuan untuk mewujudkan Keluarga Berkualitas dari berbagai aspek kehidupan. 

Peresmian Pasar Weekend Prepil

Pasar Weekend Prepil sendiri sudah diresmikan oleh Camat Tegal Timur To’at Hartono, dengan disaksikan oleh warga dan tokoh masyarakat setempat. Patung T-Rex menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mengunjungi Pasar Weekend Prepil Slerok dan Taman Prepil Slerok.

BACA JUGA:Selain Indah, Ternyata 3 Destinasi Wisata di Guci Kabupaten Tegal Ini Miliki Mitos yang Jarang Diketahui

Selain kulineran, pengunjung juga dapat menikmati wisata edukasi dengan menyaksikan proses pemanfaatan daur ulang sampah plastik menjadi barang-barang kerajinan.

Kegiatan peresmian dihadiri oleh tokoh masyarakat, OPD terkait, Balai PSDA Pemali Comal, Lintas Sektor Kecamatan Tegal Timur, lurah se Kecamatan Tegal Timur dan LKK (LPMK,PKK, Karang Taruna, Ketua RW/RT, Posyantek) se Kecamatan Tegal Timur.

Camat Tegal Timur dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan Taman dan Pasar Weekend Prepil Slerok merupakan hasil kerja keras masyarakat melalui swadaya masyarakat dan bantuan donator. Salah satunya melalui proposal – proposal permohonan bantuan yang disampaikan ke pihak swasta. 

Ide memanfaatkan bantaran sendiri tidak lepas dari keinginan masyarakat yang ingin menjaga kelestarian sungai dengan membentuk Komunitas Peduli Sungai Prepil Werkudoro. Sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan bersih-bersih sungai bekerjasama dengan kecamatan, kelurahan, DPUPR, DLH, Balai PSDA Pemali Comal, dan masyarakat.

BACA JUGA:Liburan Makin Seru ke Puncak Kalau ke 3 Tempat Wisata Alam di Tegal Ini, Nomor 2 Bisa Sembuhkan Penyakit

Taman Prepil dan Pasar Weekend Prepil Slerok tersebut sebagai upaya meningkatkan sinergitas dalam pengelolaan masyarakat Kampung KB Werkudoro antara pemerintah, swasta, masyarakat, akademisi dan media dalam mewujudkan Keluarga Berkualitas.

"Melalui peningkatan perekonomian keluarga, yang tentunya akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar," ujarnya.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Tegal Timur Sisis Fatriyah selaku project leader Pasar Weekend Prepil Slerok. Dia mengungkapkan memang dalam mewujudkan Pasar Weekend Prepil Slerok diperlukan sinergitas, kerja sama dan persamaan persepsi berbagai unsur yang terlibat.

Sumber: