Selain Indah, Ternyata 3 Destinasi Wisata di Guci Kabupaten Tegal Ini Miliki Mitos yang Jarang Diketahui

Selain Indah, Ternyata 3 Destinasi Wisata di Guci Kabupaten Tegal Ini Miliki Mitos yang Jarang Diketahui

Mitos di Guci yang populer--

RADAR TEGAL – Desa Guci yang berada di kaki Gunung Slamet bagian utara, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, populer dengan salah satu objek  wisatanya yakni pemandian air panas Guci.

Tegal, tidak hanya terkenal dengan aksen ngapak dan wartegnya, namun juga memiliki banyak wisata yang menarik perhatian para  wisatawan.

Selain terkenal dengan beragam objek wisatanya. Daerah ini juga terkenal dengan mitos-mitos yang berhubungan dengan peristiwa supranatural.

Sebagai daerah wisata yang kaya akan sejarah dan budaya, Guci juga memiliki beberapa mitos dan cerita rakyat yang menjadi bagian dari kebudayaan desa tersebut.

BACA JUGA: Ketahui Mitos atau Fakta Membaca dalam Gelap bisa Merusak Mata? Ternyata Ini yang Benar

3 Mitos yang Terkenal di Guci Tegal

1. Legenda Waduk Gajah Mungkur

Konon katanya, dahulu kala terdapat seorang putri cantik bernama Dewi Kandita yang tinggal di Gunung Slamet. Namun, suatu hari putri tersebut jatuh cinta pada seorang pangeran dari kerajaan tetangga.

Sayangnya, cintanya ditolak oleh sang pangeran. Kemudian, putri tersebut memohon kepada Dewa Gunung Slamet supaya menyatukan dirinya  dengan sang pangeran.

Dewa Slamet pun mengabulkan permohonan putri tersebut dan menciptakan waduk bernama Gajah Mungkur yang dianggap sebagai tempat bertemunya kekasih yang berpisah.

2. Mitos Wisata Air Panas Guci

Pemaindian air panas ini tersohor dengan udaranya yang sejuk dan airnya yang segar, sehingga liburan ke sini terasa begitu menyenangkan. Airnya diketahui bisa membuat tubuh jadi nyaman dan rileks, pegal-pegal pun hilang.

BACA JUGA: Kupas Tuntas Mitos Makam Mbah Maya Tenjo yang Ditakuti Pejabat, Benarkah Jabatannya Bisa Lengser?

Namun, tahukah Anda bahwa wisata air panas di Guci dipercaya mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan berbagai  macam  penyakit dan menghilangkan rasa sakit. Tidak hanya itu, terdapat juga mitos yang mengatakan bahwa apbila mandi di air panas Guci pada malam hari, maka akan mendapatkan kunjungan dari makhluk halus.

3. Mitos Curug Cipendok

Diketahui, curug ini dihuni oleh jin yang menjaga keseimbangan alam sekitar. Menurut cerita yang beredar, jin tersebut bisa menam[akkan diri  sebagai kakek tua yang bertongkat atau gadis cantik yang menari-narii di sekitar air terjun.

Demikian ulasan mengenai mitos di Guci yang populer. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: