Tingginya Harga Cabai Pengaruhi Inflasi di Kota Tegal Naik Bulan Ini

Tingginya Harga Cabai Pengaruhi Inflasi di Kota Tegal Naik Bulan Ini

Kepala BI Tegal menyerahkan paket sembako murah sesaat sebelum menyampaikan kondisi inflasi yang dipengaruhi harga cabai--

RADAR TEGAL - Harga cabai yang saat ini cukup tinggi, menjadi faktor penyumbang utama laju inflasi di Kota Tegal. Karenanya, Bank Indonesia bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan berbagai upaya untuk mengendalikannya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Tegal Marwadi mengatakan beberapa bulan ini, wilayah Kota Tegal tengah didera inflasi. Adapun faktor penyumbang utama yakni kenaikan harga cabai yang terjadi saat ini.

"Ini kita sedang di dera inflasi dalam beberapa bulan ini. Tegal ini kan 3 persen plus minus 1 persen,"katanya, Senin 20 November 2023 siang.

Menurut Marwadi, inflasi bulan ini di Tegal berada di 3,39 persen. Jika dibandingkan dengan bulan lalu, maka posisinya naik year of year.

BACA JUGA:Harga Cabai Terus Merangkak Naik, Ini Faktor Penyebabnya

Meski masih dalam batas wajar, kata Marwadi, pihaknya tetap melakukan upaya pengendalian. Terutama pengendalian harga cabai yang merupakan faktor penyumbang utama. 

"Meski masih dalam rate, kita tetap melakukan upaya pengendalian. Utamanya, terhadap harga cabai yang merupakan penyumbang utama,"ujarnya usai ikut menyerahkan paket sembako murah di Tegal Barat.

Upaya itu, ujar Marwadi, yakni dengan mengundang beberapa distributor untuk menjajaki kerjasama. Selain itu, juga merangkul para pengusaha, Bulog, BPS dan pihak terkait lainnya untuk mengendalikan harga cabai.

"Selain itu, kita juga telah melaksanakan kegiatan pasar murah. Itu, dilakukan di 7 titik se eks Karesidenan Pekalongan,"tandasnya.

BACA JUGA:Oktober Inflasi di Kota Tegal Capai 0,26 Persen, Penyumbang Utama Harga Cabai dan Beras

Dengan kegiatan itu, kata Marwadi, pihaknya berharap laju inflasi bisa ditekan. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk belanja secukupnya dan tidak berlebihan.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak Bulog yang menyampaikan stok beras masih aman. Sehingga, masyarakat agar tetap tenang dan belanja sesuai kebutuhan,"pungkasnya.

Demikian informasi terkait laju inflasi di Kota Tegal. Di mana kenaikan harga cabai yang terjadi saat ini. (*)

Sumber: