Harga Cabai Terus Merangkak Naik, Ini Faktor Penyebabnya

Harga Cabai Terus Merangkak Naik, Ini Faktor Penyebabnya

Cabai Rawit Merah dan Cabai Rawit Hijau yang terus mengalami kenaikan harga.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Hingga saa ini harga cabai rawit baik hijau ataupun cabai rawit merah terus mengalami kenaikan. Bahkan, kenaikan itu sudah terjadi sejak dua minggu terakhir. 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan melalui Kabid Hortikultura dan Perkebunan (Hortikbun) Tanti Palupi membenarkan kalau harga cabai rawit hingga saat ini masih tergolong tinggi. Berbagai faktor memengaruhi harga cabai rawit yang terus melambung.

"Dalam dua minggu ini terus merangkak naik. Ada beberapa faktor yang memicu harga cabai mengalami kenaikan," ujarnya, Kamis 9 November 2023.

Tanti menjelaskan, stok yang minim menjadi salah satu penyebab tingginya harga cabai. Sebab, kondisi kemarau yang cukup lama menjadikan banyak petani yang tidak menanam cabai.

BACA JUGA:Pemkab Brebes Kolaborasi dengan Bulog, Tekan Inflasi dan Stabilkan Harga Beras

"Kondisi kemarau begini tanaman juga sedikit, nyaris tidak ada. Jadi mempengaruhi harga di pasaran," jelasnya.

Tanti menyebutkan, harga cabai rawit hijau di tingkat petani Rp40.000-an. Sedangkan harga cabai rawit merah (kalaupun ada) Rp60.000-an.

Sedangkan harga di pasaran, harga cabai rawit hijau sekitar Rp45.000 dan harga cabai rawot merah Rp65.000-an.

"Jadi dengan suhu yang sangat panas mempengaruhi produksi cabai rawit, sehingga stok sedikit dan berimbas dengan harga cabai rawit yang melambung," pungkasnya. (*)

Sumber: