Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif 2023 Dinsos Kabupaten Tegal Rampung, 2024 Dianggarkan 600 Juta

Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif 2023 Dinsos Kabupaten Tegal Rampung, 2024 Dianggarkan 600 Juta

Kabid Limjamsos dan Kebencanaan Dinsos Kabupaten Tegal berikat sertifikat program pelatihan usaha ekonomi produktif kepada peserta.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Upaya nyata dalam mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrim yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tegal berhasil direalisasikan. Melalui Dinas Sosial (Dinsos), salah satu upaya tersebut mampu diselesaikan melalui kegiatan pelatihan usaha ekonomi produktif, dengan sasaran warga miskin atau program P3KE ( Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal, Iwan Kurniawan melalui Kabid Perlindungan Jaminan Sosial dan Kebencanaan, Nur Ariful Hakim menyatakan, dengan dukungan anggaran APBD II, program pelatihan ini berhasil membidik 25 desa yang ada di 5 kecamatan. Masing-masing Lebaksiu, Balapulang, Bojong, Bumijawa, dan Jatinegara.

"Alhamdulilah program pelatihan tersebut bisa kita rampungkan hari ini. Adapun bentuk pelatihan yang digulirkan, mencakup tata boga yang digelar selama 4 hari, menjahit selama 15 hari, dan ternak selama 1 hari," ujarnya disela melakukan penutupan program di Kecamatan Balapulang, Sabtu 11 November 2023. 

Dia merinci, total ada 298 orang yang terjaring mengikuti pelatihan ini. Mereka diambil dari hasil assesment pendamping sosial. 

BACA JUGA:Peringati Hari Pahlawan, Dinsos Kabupaten Tegal Bagi Bantuan 100 Paket Sembako untuk Veteran

"Usai merampungkan pelatihan mereka akan mendapatkan modal usaha ekonomi produktif berupa barang. Untuk kegiatan ini kami juga terjunkan 25 pendamping sosial dari PKH," cetusnya.

Pihaknya mengaku kegiatan kali ini ditopang dana APBD II senilai Rp1,6 millar. Dengan harapan, bisa menghapus kemiskinan ekstrim di Kabupaten Tegal. 

"Kegiatan ini  merupakan program perdana. Dari anggaran yang ada tersebut, nantinya selain untuk menunjang pelatihan, juga akan diperuntukkan pengadaan bahan untuk usaha kelompok penerima manfaat. Program tersebut bisa dibilang baru tahun ini digulirkan. Efektif program dijalankan dua bulan, yakni Oktober hingga  November 2023,” ungkapnya.

Pihaknya berharap melalui program ini kelompok penerima manfaat bisa memiliki usaha, sehingga mendapatkan penghasilan untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.  

BACA JUGA:Asyiik! Bantuan Hibah Karang Taruna di Kabupaten Tegal Cair, Dinsos Sebut Ada 4 Penerima

"Dari program kegiatan ini warga miskin bisa berdaya dari usaha yang dijalankan untuk mendapatkan penghasilan dan meningkatkan taraf kesejahteraan hidupnya," terangnya.

Hakim juga menegaskan, pasca pelatihan pendamping juga terus melakukan tugasnya untuk melakukan pembinaan dan pemantauan, hingga pendampingan sampai ditingkat keberhasilan masing-masing kelompok penerima manfaat.

“Dipastikan kelompok penerima manfaat bisa mandiri dalam menjalankan usahanya. Dan di tahun 2024 mendatang program ini masih ada rencana dilanjutkan dengan anggaran sebesar Rp600 juta," pungkasnya. (adv)

Sumber: