Peringati Hari Pahlawan, Dinsos Kabupaten Tegal Bagi Bantuan 100 Paket Sembako untuk Veteran

Peringati Hari Pahlawan, Dinsos Kabupaten Tegal Bagi Bantuan 100 Paket Sembako untuk Veteran

Bupati Tegal bersama Forkompinda memberikan bantuan paket sembako kepada veteran.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Dalam rangka memperingati hari pahlawan, Pemerintah  Kabupaten Tegal melalui Dinas Sosial (Dinsos) menyerahkan bantuan paket sembako kepada para veteran dan keluarga pahlawan. Pemberian bantuan tersebut sebagai tanda terima kasih atas jasa perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan demi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bantuan paket sembako diserahkan oleh Bupati Tegal Umi Azizah usai gelar upacara Peringatan Hari Pahlawan di lapangan kompolek Setda, Jumat 10 November 2023.

Bupati Tegal Umi Azizah berkesempatan membacakan amanat Kemensos, dimana tema yang diusung dalam peringatan Hari Pahlawan ke 78 'Semangat Pahlawan untuk Masa Depan dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohon'.

Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa. Seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral. 

BACA JUGA:Asyiik! Bantuan Hibah Karang Taruna di Kabupaten Tegal Cair, Dinsos Sebut Ada 4 Penerima

"Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara," cetus Umi .

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Iwan Kurniawan didampingi Kabid Pemberdayaan Sosial dan Kepahlawanan, Joko Priono menyatakan, sedikitnya ada 100 paket sembako yang diperuntukkan bagi veteran dan keluarga pahlawan yang ada di Kabupaten Tegal. 

"Memperingati hari pahlawan tidak cukup sekedar mengenang perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan di masa lalu. Tapi semangat kepahlawanan harus mampu memberi kekuatan bagi kita untuk menghadapi beragam tantangan pembangunan yang kita hadapi saat ini," ungkapnya. 

Menurutnya yang mereka inginkan adalah agar perjuangan mereka membangun bangsa bisa dilanjutkan generasi yang sekarang. Sebab pada dasarnya para pahlawan itu memiliki cita-cita mulia agar bangsa ini dapat berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. 

BACA JUGA:LKSA Surakarta Studi Tiru di LKSA Zaenab Maskur Adiwerna Tegal, Dinsos: Sudah Terakreditasi A

"Peringatan hari pahlawan ini harus dapat membakar semangat kita untuk menyelesaikan kompleksitas masalah yang kita hadapi saat ini," tegasnya. 

Usai upacara yang dipimpin Bupati Tegal dilanjut dengan pembagian paket sembako untuk veteran, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke TMP Pura Kusuma Persada Kajen Kecamatan Lebaksiu. (adv) 

Sumber: