82 Peserta Ikut Turnamen Catur di Kabupaten Tegal, Wakil Ketua Komisi IV Singgung Sekolah Gratis

 82 Peserta Ikut Turnamen Catur di Kabupaten Tegal, Wakil Ketua Komisi IV Singgung Sekolah Gratis

TURNAMEN - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal Muhammad Bintang Adi Prajamukti saat melihat permainan peserta turnamen catur, Minggu 5 November 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Bertempat di salah satu kafe di wilayah Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal, sedikitnya 82 peserta mengikuti turnamen catur, Minggu 5 November 2023.

Dalam turnamen catur itu, juara 1 diraih Maal dari Adiwerna yang mendapatkan poin 6. Juara 2 Ari Susanto dari Margasari mendapatkan poin 6 dan juara 3 Slamet yang juga dari Margasari mendapatkan poin 5,5.

Turnamen catur ini digelar dalam rangka hari Sumpah Pemuda dan Pahlawan. Kegiatan itu mendapat respon baik dari Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal Muhammad Bintang Adi Prajamukti.

"Ini sangat bagus. Bisa melahirkan pencatur yang lebih hebat lagi di Kabupaten Tegal," kata Bintang yang juga menjabat sebagai wakil ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Pengprov Jawa Tengah.

BACA JUGA:168 Atlet Ikuti Turnamen Catur Tingkat Nasional di Kabupaten Tegal, Peserta Terjauh dari Sumenep

Menurut Bintang, turnamen catur itu tujuannya untuk mencari bibit-bibit muda pencatur di Kabupaten Tegal. Biasanya, permainan catur ini hanya digemari oleh pria dewasa hingga orang tua. 

Namun, dalam turnamen catur kali ini banyak pemuda dan pemudi yang mengikutinya.  Bintang menyatakan, turnamen catur kali ini juga menghadirkan 5 orang atlet wanita kebanggaan masyarakat Jawa Tengah. 

Mereka yakni, Shanti Nur A'bidah yang bergelar sebagai women internasional master (WIM), Zahra Chumaira yang bergelar sebagai women fide master (WFM).

Kemudian ada Tiara Eka Nugraeni bergelar sebagai women fide master (WFM), Armenia Zendy P bergelar sebagai master percasi wanita (MPW) dan Ardita Prameswari peraih juara Kejurprov Catur 2023.

BACA JUGA:Berhadiah Total Rp15,2 Juta, Turnamen Catur di Kabupaten Tegal Diikuti Atlet dari Luar Jawa

"Mereka adalah pencatur-pencatur hebat di Jawa Tengah," kata Sekretaris Fraksi Golkar ini.

"Bagi atler yunior dan peserta yang belum mendapatkan juara supaya tetap semangat dan selalu berlatih. Semoga ke depan bisa menjadi yang terbaik," pesannya.

Bintang menambahkan, Percasi Kabupaten Tegal juga telah membuka sekolah gratis bagi atlet catur junior. Lokasinya di Pakembaran Kecamatan Slawi, tepatnya di kediaman Pembina Percasi Kabupaten Tegal H. Purn. AKP Mujahid.

"Sekolah gratis itu dibuka setiap hari Minggu pukul 08.00 hingga 12.00 siang," imbuhnya.

Sumber: