168 Atlet Ikuti Turnamen Catur Tingkat Nasional di Kabupaten Tegal, Peserta Terjauh dari Sumenep

168 Atlet Ikuti Turnamen Catur Tingkat Nasional di Kabupaten Tegal, Peserta Terjauh dari Sumenep

TURNAMEN CATUR- Sebanyak 168 atlet catur mengikuti turnamen catur terbuka tingkat nasional yang digelar di Kabupaten Tegal. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Sebanyak 168 atlet catur mengikuti turnamen catur terbuka tingkat nasional yang digelar di Kabupaten Tegal. Turnamen yang digelar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Tegal itu dipusatkan di GOR Indoor Trisanja Slawi Kabupaten Tegal, Minggu 1 Oktober 2023.

Peserta turnamen catur tingkat nasional ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka tidak hanya dari Kabupaten Tegal, tetapi ada juga yang datang dari Brebes, Pemalang, Purwokerto, Purbalingga, Cilacap, Cirebon, Bandung, DKI Jakarta, Majalengka dan Depok.

"Sedangkan yang terjauh dari Sumenep," ungkap Wakil Ketua Percasi Provinsi Jawa Tengah Muhammad Bintang Adi Prajamukti SH MH, Rabu 4 Oktober 2023.

Menurutnya, turnamen catur ini dibagi menjadi beberapa tingkatan. Yaitu, tingkat junior dari SD hingga SMP dan tingkat senior. Ajang turnamen catur tingkat nasional ini merupakan ajang silaturahmi pecinta catur di berbagai daerah di Indonesia.

BACA JUGA:Berhadiah Total Rp15,2 Juta, Turnamen Catur di Kabupaten Tegal Diikuti Atlet dari Luar Jawa

BACA JUGA:Buaya Putih Gondol Domba Hadiah Utama Turnamen Sepakbola Kauman Cup 2023 Brebes

Selain itu, juga sekaligus untuk mencari bibit muda, menambah pengalaman serta untuk mempersiapkan kejuaraan dalam turnamen catur di tahun mendatang.

Bintang yang juga menjabat wakil ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal ini menjelaskan, turnamen catur tingkat nasional mengacu pada peraturan permainan catur cepat FIDE 2023. 

"Sedangkan untuk waktu permainan, masing-masing pemain memiliki waktu 10 menit +3 detik," kata sekretaris Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Tegal ini.

Bintang menuturkan, turnamen ini diselenggarakan selama satu hari dari pagi hingga selesai. Turnamen catur juga menggunakan sistem pertandingan Swiss lima babak untuk kategori junior. 

BACA JUGA:Insiden Pemukulan Terhadap Wasit Warnai Semifinal Turnamen Sepakbola di Tegal

BACA JUGA:Raih Skor 6-0 di Turnamen Ketua DPRD Cup, Tegalsari yang Sudah Libas Krandon Dijagokan

Sedangkan untuk tim senior menggunakan sistem pertandingan sembilan babak. Adapun, jumlah peserta sebanyak 168 orang, rinciannya, 33 peserta junior dan 135 peserta senior.

Dia membeberkan, untuk hasil kejuaran Open Senior kali ini, diraih oleh Yudhistira  RCK Purwokerto (juara 1), Deni Sonjaya, FM BTC Bandung (juara 2) dan Teksin Brebes (juara 3).

Sumber: radartegal.disway.id