Asah Kemampuan High Angel Rescue Technique Relawan PB dan Satgas BPBD Kabupaten Tegal Gelar Latihan Rutin

Asah Kemampuan High Angel Rescue Technique Relawan PB dan Satgas BPBD Kabupaten Tegal Gelar Latihan Rutin

Relawan Penanggulangan Bencana BPBD antusias berlatih pertolongan di ketinggian atau high angel rescue technique.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Upaya meningkatkan kecakapan terhadap Relawan Penanggulanan Bencana (PB) ditempuh BPBD Kabupaten Tegal dengan menggelar latihan rutin High Angle Rescue Technique atau pertolongan di ketinggian.

Sedikitnya 12 Satgas BPBD dan 47 Relawan PB dari masing-masing posko relawan PB se Kabupaten Tegal, dilibatkan dalam latihan rutin, yang kali ini dipusatkan di kawasan hutan pinus Batunyana Kecamatan Bojong. 

Kalak BPBD Elliya Hidayah SIP MM  menyatakan bahwa kegiatan rutin latihan ini dimaksudkan untuk merefresh materi yang sudah dimiliki masing-masing anggota Satgas. 

"Dan dari kegiatan ini juga sebagai media untuk menularkan materi tersebut kepada relawan binaan BPBD," ujarnya Selasa 7 November 2023 sembari menegaskan, materi hard seperti ini harus terus dilatih secara berkala.

BACA JUGA:Mencuat Dugaan Perusahaan Plat Merah Sebabkan Hutan Lindung Sawangan Gundul saat 'Ngopi Cabean' BPBD 

"Kami akan support untuk kegiatan penguatan kapasitas bagi anggota Satgas dan relawan. Hal ini sebagai salah satu bukti upaya kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Tegal, dalam menghadapi kebencanaan," cetusnya. 

Menurutnya relawan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari upaya penanggulangan bencana, khususnya di Kabupaten Tegal

"Bahkan relawan merupakan ujung tombak dalam penanggulangan bencana, khususnya pada saat darurat bencana. Relawan atau sukarelawan adalah orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela atau atas kehendak sendiri. Relawan PB bekerja tanpa pamrih atas dasar persaudaraan kepada masyarakat yang kena musibah," ungkapnya. 

Elliya menegaskan bahwa relawan penanggulangan bencana (PB) merupakan modal sosial dan asset yang sangat berharga. 

BACA JUGA:Puting Beliung Terjang 2 Desa di Kabupaten Tegal, BPBD Gercep Lakukan Assesment

"High Angle Rescue atau juga disebut dengan istilah lainnya yaitu Vertical Rescue adalah tindakan penyelamatan kepada korban yang berada di daerah yang tinggi, seperti tebing, menara, gedung atau bangunan yang tinggi. Resiko yang nyata bagi seorang vertical rescuer di medan seperti ini adalah terjatuh. Untuk itu kemampuan dan keberaniannya berada di daerah yang tinggi merupakan suatu kebutuhan yang penting dikuasai oleh relawan PB," tegasnya. (adv) 

Sumber: