Akses Jalan Sulit Dilewati, BPBD Beri Perhatian 4 TPS Pemilu 2024 di Kabupaten Tegal

Akses Jalan Sulit Dilewati, BPBD Beri Perhatian 4 TPS Pemilu 2024 di Kabupaten Tegal

ASSESMET - BPBD bersama dengan KPU meninjau akses jalan yang sulit menuju TPS Pemilu 2024--

RADAR TEGAL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan pemetaan terhadap Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 di Kabupaten Tegal. Hasilnya, ada beberapa lokasi yang mendapatkan perhatian khusus.

Pasalnya, sejumlah TPS Pemilu 2024 itu memiliki akses jalan yang sulit untuk dilewati. Pemetaan dilakukan untuk mempermudah KPU menjalankan tugasnya.

Kepala BPBD Kabupaten Tegal Ellya Hidayah menyatakan pihaknya menjalin kerjasama bersama KPU dalam memberikan assesment ke beberapa TPS Pemilu 2024. Utamanya, terkait dengan akses jalan menuju bilik suara yang sulit dilewati. 

"Bersama TNI dan Polri, kita melakukan assesment terhadap keberadaan TPS Pemilu 2024. Itu, dilakukan untuk mempermuudah KPU dalam menjalankan tugasnya,"katanya.

BACA JUGA: Dilantik, 763 Pengawas TPS Pemilu 2024 Kota Tegal Dilarang Mematikan Hanphone, Bawaslu: Haram Hukumnya

Menurut Elliya, pihaknya juga sempat menggelar rapat bersama KPU sebelum meninjau lokasi. Adapun hasil assesment menyebutkan ada 4 TPS khusus yang mendapat perhatian karena sulitnya akses jalan.  

"Di mana 3 TPS berada di Sankanjaya Balapulang dan 1 TPS Mekarsari Dukuhtengah Bumijawa," ujarnya Sabtu 27 Januari 2024.

Menurut Elliya, pada prinsipnya BPBD siap membantu kemudahan akses dengan menerjunkan relawan. Mereka siap diterjunkan menggunakan kendaraan roda dua untuk menghantarkan petugas menuju TPS. 

"Relawan yang diterjunkan dalam memberikan assesment tersebut nantinya hanya akan memberikan bantuan untuk kemudahan petugas. Dan tidak berperan dalam menghantarkan kertas suara dan bilik suara yang menjadi ranah petugas pemilu,"ujarnya.

BACA JUGA: 6.291 Lowongan Pengawas TPS Pemilu 2024 di Kabupaten Brebes Dibuka, Ini Tanggal Pendaftaran dan Syaratnya

Ellya menegaskan, pihaknya akan merespon cepat bila dibutuhkan untuk membantu kelancaran petugas pemilu menuju titik TPS Pemilu 2024. Pihaknya juga akan mengarahkan relawan agar tidak melampaui kewenangan dalam menjalankan tugas assesment dilapangan.

Ellya menambahkan, saat peninjauan lokasi, pihaknya sempat menggunakan kendaraan offroad. Guna memastikan kendala tersebut nantinya bisa diatasi dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Sementara itu, pihak KPU pun memberi apresiasi atas assesment dan upaya cepat BPBD serta insitusi lainnya yang hingga saat ini terus bersinergi. Untuk mensukseskan pemilu 2024 khususnya diwilayah Kabupaten Tegal. 

Demikian informasi terkait keberadaan TPS Pemilu 2024 di Kabupaten Tegal yang akses jalannya sukar untuk di lewati. (*)

Sumber: