Bagaiman Nasabah Bijak Mengatur Keuangannya Sehingga tidak Galbay Pinjol Legal, Begini Penjelasannya

Bagaiman Nasabah Bijak Mengatur Keuangannya Sehingga tidak Galbay Pinjol Legal, Begini Penjelasannya

Bagaiman Nasabah Bijak Mengatur Keuangannya Sehingga tidak Galbay Pinjol Legal, Begini Penjelasannya--Image By stocking on Freepik Then Edited Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Galbay pinjol sebagai sebutan untuk orang yang sudah terjerat utang pinjol sampai menunggak akibat telat bayar tagihan tepat waktu.

Dengan berkembangnya dunia teknologi, tak terkecuali teknologi di bidang keuangan digital, menjadikan nasabah/peminjam harus bijak memanfaatkannya sehingga tidak galbay pinjol.

Nasabah yang bijak yang cerdas, selalu punya cara tersendiri dalam mengatur keuangaannya guna menghindari galbay pinjol dan jeratan pinjol itu sendiri.

Lantas bagaimana nasabah bijak mengatur keuangannya sedemikian rupa hingga tidak terjerat pinjol bahkan tidak pernah galbay pinjol?

BACA JUGA:4 Risiko Gunakan Paylater Bagi Anak Muda Terutama Kaum Pelajar, Bukan Cuma Soal Hutang

Cara nasabah bijak mengatur keuangannya agar tidak galbay pinjol

1. Perencanaan keuangan yang baik

Permasalahan keuangan sering kali disebabkan oleh kurangnya perencanaan keuangan yang baik. Nasabah yang bijak dan cerdas pasti merencanaan keuangan yang baik karena dapat membantunya memetakan jumlah penerimaan dan kebutuhan kita secara tepat dan rinci.

Dengan perencanaan keuangan yang baik, pengeluaran dapat lebih teratur serta dapat menyisihkan dana untuk dana darurat, menabung, hingga berinvestasi.

2. Meningkatkan literasi keuangan

Seperti yang telah dijelaskan diatas, mengelola keuangan dengan baik adalah keterampilan yang penting bagi setiap orang.

Tidak hanya penting untuk mengetahui teorinya, tetapi juga penting untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:5 Dokumen yang Harus Dimiliki DC Pinjol Legal Saat Datang ke Rumah, Usir Jika Tidak Punya!

Dengan literasi keuangan yang baik, akan menghasilkan pengetahuan yang mempu membedakan antara kebutuhan dan keinginan, sehingga nasabah dapat membuat keputusan finansial yang tepat.

Sumber: