Jangan Kalap, Ini 3 Cara Menggunakan Kartu Kredit Supaya Tagihan Tak Membludak

Jangan Kalap, Ini 3 Cara Menggunakan Kartu Kredit Supaya Tagihan Tak Membludak

3 cara menggunakan kartu kredit supaya tagihan tak membludak ini bisa membuat pemegangnya bisa mengontrol pengeluarannya.--

RADAR TEGAL — Kartu kredit banyak digunakan orang untuk memenuhi kebutuhannya dengan cepat, meskipun tak mempunyai uang. Meski begitu Anda harus memperhatikan cara menggunakan kartu kredit supaya tagihan tak membludak.

Apalagi banyak kasus yang terjadi, pemegang kartu kredit malah justru menjadi lebih konsumtif. Karena belanja menggunakan kartu kredit lebih nyaman dan bisa memilih apapun yang mereka inginkan.  

Itulah sebabnya cara menggunakan kartu kredit supaya tagihan tak membludak menjadi sangat penting untuk diketahui pemegangnya. Alih-alih ingin mendapatkan barang-barang belanjaan dengan cepat dan gampang, ternyata malah bisa merugikan Anda.

Sekadar informasi, kartu kredit adalah kartu yang diterbitkan bank atau perusahaan jasa keuangan. Dengan kartu kredit itu memungkinkan pemegang kartu meminjam dana untuk membayar barang dan jasa, kepada penerima kartu sebagai pembayarannya.  

Pemegang kartu kredit akan mendapatkan sejumlah ketentuan, sesuai dengan aturan yang telah disepakati. Sehingga cara menggunakan kartu kredit supaya tagihan tak membludak, sangat penting diketahui sejak awal kesepakatan.

Biasanya pemegang kartu harus membayar kembali uang yang dipinjam, sesuai dengan jumlah transaksi yang sudah dilakukan sebelumnya. Ditambah bunga yang berlaku dan tambahan biaya yang disepakati. 

Kartu kredit sampai saat ini masih banyak digunakan, kendati sudah muncul paylater ataupun dompet digital atau e-wallet. Jika digunakan sebagaimana mestinya, kartu kredit akan sangat menguntungkan bagi pemegangnya.

Hanya saja kartu kredit juga bisa menjadi sumber malapetaka, apabila penggunaannya  tidak tepat. Misalnya pemegang kartu sangat kalap saat berbelanja, bisa-bisa akan menimbulkan persoalan baru terhadap kondisi keuangannya.

Cara menggunakan kartu kredit supaya tagihan tak membludak

Nah, kelemahan lain pemegang kartu kredit tak jauh berbeda dengan pemilik paylater. Jika terjadi gagal bayar (galbay) ataupun tunggakan, pemegang kartu sanga berpotensi untuk dikejar-kejar debt collector (DC).

Mengutip realsimple.com terdapat sejumlah hal yang bisa diterapkan oleh pemegang kartu kredit, yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan itu merupakan bagian dari 3 cara menggunakan kartu kredit supaya tagihan tak membludak, di antaranya adalah:

1. Cek Rutin Saldo Kartu 

Kartu kredit dapat mempengaruhi peningkatan pengeluaran. Dengan kartu kredit, plafon kamu adalah batas pengeluaran yang mungkin jauh lebih tinggi daripada kemampuan membayar kembali. 

Selain itu, kartu kredit kini lebih mudah untuk membeli topi, tas, atau tiket konser baru secara impulsif hanya dengan satu klik atau ketuk secara online. Itulah mengapa sangat penting untuk waspada terhadap keputusan pembelian dan saldo. 

Sumber: