Berbagai Penyebab Utama Oli Mesin Mobil Anda Cepat Habis, dari Perawatan yang Salah Hingga Bagian Ini Rusak

Berbagai Penyebab Utama Oli Mesin Mobil Anda Cepat Habis, dari Perawatan yang Salah Hingga Bagian Ini Rusak

Berbagai Penyebab Utama Oli Mesin Mobil Anda Cepat Habis, dari Perawatan yang Salah Hingga Bagian Ini Rusak--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL Selain kebocoran, ada berbagai hal yang menjadi penyebab oli mesin mobil cepat habis padahal baru menggantinya.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan oli mesin mobil cepat habis. Jika dibiarkan dapat mengakibatkan komponen mesin mobil jebol.

Sejatinya oli mesin mobil berguna untuk mengurangi gesekan yang terjadi antara komponen mesin, serta membersihkan kerak, dan memiliki keunggulan untuk mendinginkan mesin mobil.

Selain itu juga ada manfaat yang lebih utama dari oli mesin mobil ini yakni menjaga performa mesin tetap optimal.

BACA JUGA:Harga Toyota Fortuner Bekas Sudah Sangat Terjangkau, Big SUV yang Bandel di Semua Medan

Lantas apa saja yang menjadi penyebab oli mesin kendaraan terasa cepat habis? Untuk mengetahui jawabannya silahkan baca ulasannya di bawah ini.

Berbagai penyebab oli mesin mobil cepat habis

1. Rusaknya seal klep dan dinding liner silinder barer

Kebocoran oli ke ruang bakar dapat disebabkan oleh kerusakan pada seal klep atau dinding liner silinder yang aus. Hal ini menyebabkan oli mesin cepat habis karena terbakar bersama dengan bensin.

2. Packing carter yang sudah pecah

Carter oli merupakan tempat atau wadah yang berfungsi untuk menampung oli mesin. Sebelum diikatkan kepada mesin, umumnya carter membutuhkan packing guna mencegah oli keluar dari mesin. 

Nah packing carter yang bocor atau rusak akibat usia pemakaian dapat menyebabkan oli berkurang. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya bekas oli di bagian bawah mesin.

BACA JUGA:4 Cara Efektif Merawat Mesin Turbo Daihatsu Rocky Tetap Awet, Jangan Asal Pilih Oli Mesin!

3. PCV Valve yang rusak

Sumber: