Jangan Salah Beli! Tips Memilih Oli Mobil yang Benar, Hindari Risiko Mesin Aus Saat Perjalanan Jauh

Jangan Salah Beli! Tips Memilih Oli Mobil yang Benar, Hindari Risiko Mesin Aus Saat Perjalanan Jauh

OTOMOTIF - 5 tips memilih oli mobil yang benar--

radartegal.id - Oli mesin merupakan elemen vital dalam menjaga kinerja optimal mesin mobil. Fungsi utamanya adalah sebagai pelumas yang mengurangi gesekan antar komponen mesin, sehingga tips memilih oli mobil perlu diperhatikan.

Pasalnya dengan memilih oli mobil secara tepat menghindari Anda dalam keadaan berbahaya saat berkendara jauh, sehingga perjalanan menjadi aman. Serta mencegah kerusakan pada mesin mobil secara berkala.

Terdapat berbagai tips memilih oli mobil yang benar perlu diperhatikan agar oli yang dipilih sesuai dengan panduan mobil. Sehingga dapat membantu menciptakan performa yang maksimal.

Berikut upaya menjaga kinerja optimal dalam berkendara saat memilih oli yang benar sesuai kebutuhan perjalanan Anda. Pastikan benar-benar memperhatikan performa mobil semakin tangguh. Simak sampai selesai.

BACA JUGA: Gak Perlu ke Bengkel! Ini 7 Tips Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

BACA JUGA: Mudah Dilakukan! Tips Menghemat BBM Mobil Matic Agar Tidak Boros saat Perjalanan Jauh

Tips memilih oli mobil yang benar

1. Sesuaikan dengan Petunjuk Pabrikan

Tips yang pertama adalah mengikuti petunjuk yang diberikan oleh pabrikan mobil Anda. Petunjuk ini biasanya terdapat dalam buku panduan kendaraan atau manual pengguna. 

Pabrikan mobil telah melakukan uji coba dan penelitian yang intensif untuk menentukan jenis oli dan viskositas yang paling sesuai untuk mesin kendaraan mereka. Menggunakan oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan akan membantu memastikan pelumasan yang optimal dan kinerja yang baik pada mesin mobil Anda.

2. Pertimbangkan Tipe Oli

Ada beberapa tipe oli mobil yang tersedia di pasaran, antara lain oli mineral, oli semi-sintetis, dan oli sintetis. Oli mineral diproduksi dari bahan dasar alami, sedangkan oli semi-sintetis adalah campuran oli mineral dan oli sintetis.

BACA JUGA: Ciri-ciri Kampas Kopling Mobil Habis dan Solusi Mengatasinya, Nomor 7 Pasti Sering Dengar

Sumber: