Emak-emak Wajib Tahu, Begini Cara Menyajikan Singkong yang Benar Supaya Tidak Beracun

Emak-emak Wajib Tahu, Begini Cara Menyajikan Singkong yang Benar Supaya Tidak Beracun

jangan sajikan singkong dalam bentuk ini--

RADAR TEGAL - Catat nih ibu-ibu, cara menyajikan singkong yang benar agar tidak beracun. Ternya penyajian yang salah dapat menimbulkan zat berbahaya bagi tubuh lho.

Sehingga ibu-ibu harus tahu cara menyajikan singkong yang benar agar tidak membahayakan putra-putri ibu.

Mengapa harus memperhatikan cara menyajikan singkong dengan benar karena singkong yang tidak diolah dengan benar terkadung zat yang berbahaya.

Zat berbahaya ini dapat mengancam kesehatan tubuh pastinya. Sehingga ibu-ibu harus tahu cara menyajikan singkong dengan benar berikut ini.

Singkong mengandung racun yang dapat membahayakan tubuh. Pasalnya singkong mengandung racun mematikan yang dikenal sebagai linamarin.

Linamarin seperti gula dalam susunan dan strukturnya. Ketika singkong dicerna mentah, tubuh manusia mengubah linamarin menjadi racun sianida yang mematikan.

BACA JUGA:5 Makanan Rendah Kalori yang Kaya Nutrisi, Bisa Bikin Program Diet Kamu Sukses

Cara menyajikan singkong dengan benar

1. Diamkan Singkong Selama 1-2 Hari

Setelah umbi singkong dicabut dari tanah, anda tidak bisa langsung mengolahnya. Sebaiknya, diamkan dulu singkong selama 1-2 hari. Bahkan, untuk jenis singkong yang cenderung pahit, anda harus mendiamkannya selama minimal 1 minggu.

Hal tersebut bertujuan agar kandungan racun dalam singkong bisa menguap. Sehingga anda pun bisa terhindar dari risiko keracunan yang mungkin terjadi.

Tapi anda yang langsung membelinya di pasaran, baik pasar tradisional atau supermarket, tidak perlu khawatir lagi. Itu berarti singkong yang dibeli sudah siap olah, kok.

2. Kupas Kulit Singkong

Kulit singkong memiliki lapisan yang cukup tebal, namun mudah dikupas. Agar lebih mudah mengupasnya, potong-potong singkong menjadi beberapa bagian terlebih dahulu, lalu silet salah satu bagian dan kupas searah sampai seluruh kulit terlepas. 

BACA JUGA:Konsumsi 3 Makanan untuk Kulit Kering Agar Sehat Alami Versi dr Saddam Ismail

3. Bersihkan Singkong dengan Benar

Meskipun sudah didiamkan beberapa lama, racun dalam singkong kemungkinan masih ada. Nah, untuk menyiasatinya, anda harus memotong-motong singkong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, lalu mencucinya di air mengalir sampai benar-benar bersih dan bebas dari tanah.

Tak hanya itu, setelah dicuci, anda perlu merendam singkong dalam air bersih yang banyak selama beberapa saat.

Sumber: