Ini Rentang Waktu DC Pinjol Datang Menagih Utang ke Rumah, Harus Siapkan Ini Agar Nasabah Galbay Tidak Resah

Ini Rentang Waktu DC Pinjol Datang Menagih Utang ke Rumah, Harus Siapkan Ini Agar Nasabah Galbay Tidak Resah

Ini Rentang Waktu DC Pinjol Datang Menagih Utang ke Rumah, Harus Siapkan Ini Agar Nasabah Galbay Tidak Resah-ekonomi-radar tegal

Sebuah kredit dianggap macet jika pembayaran pokok atau manfaat ekonomi pendanaan melewati 90 hari kalender. Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) memiliki aturan yang mengatur suku bunga maksimal sebesar 0,8 persen per hari.

Selain itu, total biaya, biaya keterlambatan, dan semua biaya lainnya tidak boleh melebihi 100% dari nilai pokok pinjaman. Semua penyelenggara pinjol yang berizin oleh OJK harus mematuhi aturan ini.

 

Bunga Efektif dalam Dunia Pinjol

Untuk rincian detail tentang biaya bunga pinjaman online, Anda dapat merujuk ke Lampiran III SK Pengurus AFPI 02/2020. Dokumen ini menjelaskan bahwa:

BACA JUGA:9 Pinjol Legal dengan Tenor Panjang Tanpa DC Lapangan, Tak Perlu Takut Teror

BACA JUGA:DC Pinjol Akan Lakukan Kekerasan Jika Nasabah Nunggak? Begini Penjelasan dari OJK

  1. Total bunga, biaya pinjaman, dan biaya lainnya tidak boleh melebihi 0,8% per hari atau maksimal 1,6% per hari berdasarkan jumlah pinjaman.

  2. Untuk pinjaman hingga 24 bulan, total biaya tidak boleh melebihi 100% dari nilai pokok pinjaman.

  3. Untuk pinjaman di atas 24 bulan, total biaya tidak boleh melebihi 100% per tahun.

 

Penagihan Setelah Jatuh Tempo

Penjelasan terkait penagihan setelah jatuh tempo adalah sebagai berikut:

"Setiap penyelenggara tidak diperbolehkan melakukan penagihan secara langsung kepada Penerima Pinjaman yang gagal membayar setelah melewati batas keterlambatan lebih dari 90 hari sejak jatuh tempo pinjaman."

Dengan begitu, meskipun pihak pinjol tidak dapat menagih peminjam secara langsung setelah 90 hari melewati jatuh tempo pembayaran, utang tersebut tetap harus dibayar. Penyelenggara pinjol dapat melakukan penagihan melalui pihak ketiga yang sah secara hukum.

BACA JUGA:9 Pinjol yang Tidak Ada DC Lapangan, Cepat Cair dan Bikin Kamu Tenang

BACA JUGA:Daftar DC Pinjol Area Tegal dan Sekitarnya, Waspada Penipuan hingga Kekerasan

Jadi, itu adalah gambaran mengenai batas waktu penagihan DC pinjol dalam pinjaman online. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda memahami hak dan kewajiban dalam dunia pinjaman online.(*)

Sumber: