ANBK Tingkat SD di Kabupaten Tegal Dibagi 4 Gelombang, Disdikbud: Sekolah Dilarang Sewa Laptop

ANBK Tingkat SD di Kabupaten Tegal Dibagi 4 Gelombang, Disdikbud: Sekolah Dilarang Sewa Laptop

Kasi Pendidikan SD Disdikbud Kabupaten Tegal pantau pelaksanaan ANBK.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kabupaten Tegal digulirkan dalam empat gelombang. gelombang I dimulai 23 hinga 24 Oktober 2023, gelombang II pada 25 hingga 26 Oktober 2023, gelombang III tanggal 30 hingga 31 Oktober 2023, dan untuk gelombang IV digelar 1 hingga 2 November 2023 mendatang.

Kepala Disdikbud Kabupaten Tegal, Fakihurrochim SSos MM melalai Kasi Pendidikan SD AAN Kusnadi SPd MPd menyatakan, pihaknya sempat memberikan arahan kepada semua sartuan pendidikan yang ada, agar tidak tertuju atau memilih pada satu gelombang yang ada. 

"Hal ini demi kelancaran siswa didik saat mengikuti ANBK. Toh waktunya panjang yang terbagi dalam empat gelombang," ujarnya Rabu 25 Oktober 2023.

Upaya koordinasi juga Disdikbud lakukan dengan pihak Telkom dan PLN, agar diupayakan selama pelaksanaan ANBK tidak ada proses pemadaman. 

BACA JUGA:Disdikbud Kabupaten Tegal Gelar Bimtek Pembekalan Calon Kepala Sekolah

"Pola ANBK ini berbasis online langsung dari Kementrian Kemendikbudristek jadi tidak harus melalui server. Setiap satuan pendidikan minimal harus ada 5 unit laptop agar bisa menggelar 3 sesi dalam sehari, atau disesuaikan dengan ketersediaan laptop. Bagi kondisi satuan pendidikan yang belum punya atau hanya punya 1 laptop , bisa pinjam ke sekolah terdekat mengingat sarana tersebut sama-sama berstatus fasilitas negara," cetusnya.

Dengan diberinya keluasan waktu 4 gelombang, mendorong status pelaksanaan ANBK adalah mandiri, dan tidak ada yang menumpang ke sekolah lain. 

"Untuk pengadaan laptop selain bisa pinjam ke sekolah terdekat, juga dilakukan melalui pinjaman dari orang tua murid. Kami dengan tegas tidak merekomendasi sewa untuk pengadaan laptop saat pelaksanaan ANBK yang tahun ini sudah menginjak tahun ke tiga," ungkapnya.

Pihaknya juga menyatakan dalam pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023, peserta didik jenjang SD akan menghadapi tantangan ujian yang melibatkan sejumlah soal. Kemendikudristek telah merilis informasi terkait ujian ini, termasuk jumlah soal yang harus dijawab.  

BACA JUGA:Digelontor 43 Miliar, Disdikbud Kabupaten Tegal Pastikan Rehab Sekolah Selesai Tepat Waktu

"ANBK adalah ujian yang bertujuan untuk mengevaluasi sistem pembelajaran yang telah dilakukan oleh siswa. Ujian ini melibatkan perwakilan dari kelas 5 SD. Peserta dalam ANBK 2023 dipilih secara acak di setiap satuan pendidikan sesuai ketentuan dari Kementerian," tegasnya. (adv)

Sumber: