Memahami Sistem Tenor dalam Pinjaman Online: Pengertian, Jenis , Hingga Kategori dalam Prekreditan

Memahami Sistem Tenor dalam Pinjaman Online: Pengertian, Jenis ,  Hingga Kategori dalam Prekreditan

Memahami Sistem Tenor dalam Pinjaman Online: Pengertian, Jenis , Hingga Kategori dalam Prekreditan--Image By BalashMirzabey on Freepik Then Edited Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Mari memahami bagaimana sistem tenor dalam layanan pinjaman online bekerja, simak artikel ini sampa habis untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat.

Dengan layanan pinjaman online yang semakin maju, membuat banyak penyebutan atau fitur baru yang ada didalamnya, contohnya seperti sistem tenor pinjaman.

Sistem tenor dalam pinjaman online sendiri, secara umum merupakan sebuah kontrak atau jangka waktu dalam sektor keuangan. 

Adapun sistem tenor menjadi instrumen paling penting dalam kredit atau pinjaman yang diajukan oleh seorang nasabah baik di Bank maupun melalui layanan pinjaman online.

BACA JUGA:Pilih Pinjol Tenor Panjang Makin Berisiko Galbay? Begini Penjelasannya

Nah dari untuk anda yang sedang menggali informasi mengenai bagaimana sistem jangka waktu atau tenor didalam layanan pinjaman online bekerja, mari menyimak beberapa bagian dalam tenor dibawah ini.

Pengertian sistem tenor

Tenor merupakan jangka waktu yang ditetapkan oleh pemberi pinjaman kepada peminjam untuk melunasi pinjamannya. Tenor biasanya dinyatakan dalam bulan atau tahun.

Dalam sistem tenor, bunga pinjaman dihitung berdasarkan jumlah pinjaman, tenor, dan suku bunga. Semakin lama tenor pinjaman, semakin besar jumlah bunga yang harus dibayar oleh peminjam.

Adapun tenor juga digunakan untuk menjadi tolak ukur lama waktu nasabah dalam melunasi semua pinjaman yang telah diberikan oleh pihak pemberi pinjaman.

BACA JUGA:Butuh Dana Cepat? Simak Daftar Pinjol Bunga Rendah OJK Terbaru, Bunga 0,9 Persen Tenor Capai 5 Tahun

Umumnya jika tenor yang diberikan semakin panjang maka akan semakin tinggi beban suku bunga yang akan dikenakan, sedangkan jika semakin singkat tenor yang diambil maka beban suku bunga akan semakin rendah.

Jenis tenor

Secara umum ada dua jenis tenor yang dapat di tentukan oleh nasabah antara lain:

Sumber: