Kekeringan Belum Usai, Bantuan Air Bersih BPBD Kabupaten Tegal Sudah Lebih dari 2 Juta Liter

Kekeringan Belum Usai, Bantuan Air Bersih BPBD Kabupaten Tegal Sudah Lebih dari 2 Juta Liter

Kegiatan droping bantuan air bersih yang dilakukan BPBD Kabupaten Tegal di daerah krisis air bersih.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Kendati hujan sudah turun di beberapa wilayah Kabupaten Tegal, namun bencana kekeringan masih belum usai. Karena itu hingga akhir Oktober 2023 ini, BPBD masih terus mengencarkan distribusi bantuan air bersih untuk warga.

Kepala Pelaksana BPBD, Ellya Hidayah menyatakan, dari hasil update data kecamatan dan desa yang mengalami kekeringan atau krisis air dampak Elnino cenderung bertambah. 

"Dari data yang ada sasaran layanan distribusi air bersih saat ini sudah merambah 11 kecamatan di 43 desa. Hingga saat ini jumlah air bersih yang sudah terdistribusi kepada penerima manfaat sebanyak 541 tangki atau 2.718.000 liter yang diberikan kepada 58.937 KK atau kepada 212.806 jiwa," ujarnya Jumat 20 Oktober 2023.

Ellya menyatakan pendistribusian air bersih untuk Kecamatan Jatinegara terinci sebanyak 999.000 liter yang diperuntukkan untuk 12 desa. Masing-masing Tamansari, Dukuhbangsa, Wotgalih, Lembahsari, Padasari, Mokaha, Luwihjawa, Jatinegara, Kedungwungu, Penyalahan, Argatawang, dan Lebakwangi. 

BACA JUGA:Krisis Air Bersih Belum Berakhir, Warga Desa Penyalahan Kabupaten Tegal Akhirnya Dapat Bantuan

"Untuk Kecamatan Suradadi sebanyak 547.500 liter yang dibagikan untuk Desa Harjasari, Jatimulya, Suradadi, Kertasari, Karangmulya, Gembongdadi, dan Purwahamba," cetusnya.

Sementara untuk Kecamatan Warureja sebanyak 207.500 liter untuk memenuhi kebutuhan air di Desa Kedungkelor, Kreman, Sukareja, Kendayakan, Kedungjati, dan Sidamulya. 

"Di Kecamatan Kedungbanteng gelontoran air bersih mencapai 310.500 liter yang didistribusikan untuk Desa Karanganyar, Tonggara, Karangmalang, dan Semedo. Dan di Kecamatan Balapulang didistribusikan 293.000 liter untuk Desa Harjawinangun, Danawarih, Sesepan, Danareja, dan Batuagung," ungkapnya.

Di Kecamatan Pangkah gelontoran air sebanyak 204.000 liter untuk Desa Pener dan Dermasuci. Kecamatan Lebaksiu 106.500 liter untuk Desa Kajen dan Tegalandong. Kecamatan Kramat 15.000 liter untuk Desa Kertayasa dan Padaharja, serta Kecamatan Pagerbarang sebanyak 20.000 liter khusus untuk Desa Jatiwangi.

BACA JUGA:Tidak Alami Krisis Air Bersih, Desa Capar Kabupaten Tegal Ternyata Punya Rahasia Ini

Lalu Kecamtan Margasari sebanyak 5000 liter untuk Desa Wanasari, berikut Kecamatan Dukuhwaru sebanyak 10.000 liter untuk Desa Sindang. (*)

Sumber: