Tidak Alami Krisis Air Bersih, Desa Capar Kabupaten Tegal Ternyata Punya Rahasia Ini

Tidak Alami Krisis Air Bersih, Desa Capar Kabupaten Tegal Ternyata Punya Rahasia Ini

PASANG INSTALASI - Kepala Desa Capar Kukuh Supribadi sedang memasang instalasi Pamsimas untuk memudahkan warga mendapatkan air bersih, Jumat 13 Oktober 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Menjadi satu-satunya desa di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal yang tidak mengalami krisis air bersih, Desa Capar ternyata punya rahasia tersendiri.

Saat ini, musim kemarau masih melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Tegal. Akibatnya banyak sumur warga yang mengering hingga membuat sejumlah daerah mengalami krisis air bersih. 

Krisis air bersih juga terjadi di wilayah Kecamatan Jatinegara. Hanya satu desa di kecamatan tersebut yang warganya tidak merasakan krisis air bersih. Yakni di Desa Capar. 

Rizki, salah satu warga Desa Capar mengaku bersyukur di saat warga lainnya krisis air bersih, tetapi di desanya tidak mengalami.

BACA JUGA:Krisis Air Bersih Melanda 26 Desa di Kabupaten Tegal, 888 Ribu Liter Digelontor PMI

"Meski kemarau, tapi air bersih di desa kami tidak sulit," ucapnya singkat. 

Rupanya Pemerintah Desa Capar punya rahasia untuk mengatasi krisis air bersih saat kemarau. Yakni, mereka telah memfasilitasi warganya dengan Pamsimas.

Diketahui, Desa Capar yang sekarang tidak mengalami krisis air bersih ini berlokasi di perbatasan Kecamatan Jatinegara dan Kedungbanteng. Terdiri dari 8 RT dan 4 RW. 

Kepala Desa Capar Kukuh Supribadi mengatakan sebelum ada Pamsimas, warganya memang kerap mengalami krisis air bersih setiap musim kemarau.

BACA JUGA:Dilanda Krisis, Warga di Tegal Jalan Kaki Sejauh 1 Kilometer ke Hutan Demi Dapat Air Bersih

Bahkan, warga rela berjalan kaki sejauh sekitar 1 kilometer untuk mengambil air bersih di sumur tengah sawah. Selain itu, warga juga selalu meminta bantuan air bersih ke PMI dan BPBD.

"Alhamdulillah sekarang tidak kesulitan air bersih di saat musim kemarau. Karena kita sudah punya Pamsimas," kata Kukuh Supribadi, Jumat 13 Oktober 2023.

Sejauh ini, Kukuh mengaku selalu bersinergi dengan masyarakat dan beberapa pihak lainnya untuk memenuhi kebutuhan air bersih melalui program Pamsimas. 

Disebutkan, Pamsimas ini berada di tepi Sungai Capar. Sumber mata airnya cukup melimpah.

Sumber: