Krisis Air Bersih Belum Berakhir, Warga Desa Penyalahan Kabupaten Tegal Akhirnya Dapat Bantuan

Krisis Air Bersih Belum Berakhir, Warga Desa Penyalahan Kabupaten Tegal Akhirnya Dapat Bantuan

BAHAGIA - Sejumlah warga Desa Penyalahan yang mengalami krisis air bersih tampak bahagia saat mendapat bantuan dari Lazisnu PCNU Kabupaten Tegal, Kamis 19 Oktober 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Musim kemarau panjang masih belum usai. Krisis air bersih yang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Tegal pun belum berakhir.

Kali ini giliran warga Desa Penyalahan Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal yang mendapatkan bantuan karena krisis air bersih. Mereka tampak semringah saat mendapatkan bantuan air.

Bantuan bagi wilayah yang mengalami krisis air bersih kali ini berasal dari Lembaga Amal, Zakat, Infak dan Sodakoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) PCNU Kabupaten Tegal.

Wakil Sekretaris Lazisnu PCNU Kabupaten Tegal H Maskun Riziq, mengaku telah menyalurkan bantuan air bersih ke sejumlah desa yang mengalami kekeringan dan krisis air bersih sejak beberapa pekan lalu. Bantuan berasal dari Koin NU yang dikumpulkan Lazisnu dari masyarakat. 

BACA JUGA:Krisis Air Bersih, Warga Lebakwangi Kabupaten Tegal Harus Jalan Kaki 1 Kilometer untuk Dapat Air

“Sumber dana kegiatan ini dari Koin NU dari warga NU se Kabupaten Tegal. Kami bergerak untuk penyaluran air bersih kepada warga yang membutuhkan,” ujarnya.

Dia mengemukakan, kegiatan penyaluran air bersih mengimplementasikan hasil rakernas Lazisnu. Yakni peduli kepada masyarakat dengan adanya kondisi kekeringan berkepanjangan yang berdampak pada kelangkaan dan krisis air bersih di beberapa desa. 

Kali ini, Lazisnu menyalurkan air bersih di Desa Penyalahan Kecamatan Jatinegara yang mengalami krisis air bersih sebanyak 2 tangki untuk 100 keluarga. Rencananya, penyaluran air bersih juga akan dilakukan di Kecamatan Kedungbanteng, Warureja dan Margasari. 

“Dalam penyaluran air bersih, kami bekerjasama dengan UPZIS  MWCNU di masing-masing kecamatan,” imbuhnya. 

BACA JUGA:Tidak Alami Krisis Air Bersih, Desa Capar Kabupaten Tegal Ternyata Punya Rahasia Ini

Sumur warga sudah mengering

Kekeringan dan krisis air bersih di Desa Penyalahan sendiri terjadi setelah sumur warga mengering imbas musim kemarau yang juga belum berakhir.

"Alhamdulillah hari ini dapat bantuan air bersih," kata Wartimah (41), salah satu warga Desa Penyalahan, Kamis 19 Oktober 2023.

Dia menuturkan, setiap musim kemarau, desanya memang selalu krisis air bersih. Praktis, ketika ada bantuan air bersih dari Lazisnu PCNU Kabupaten Tegal ini, warga sangat bahagia.

Sumber: