Mau Lepas dari Jeratan Hutang Pinjol? Lakukan 5 Cara Efektif Ini dan Jangan Salah Pilih Metode Pelunasannya

Mau Lepas dari Jeratan Hutang Pinjol? Lakukan 5 Cara Efektif Ini dan Jangan Salah Pilih Metode Pelunasannya

Hutang pinjol kerap menjadi masalah nasabah baru, akibat dari gampangnya mengajukan pinjaman online dana dan modal.--

3. Membuat Rencana Keuangan

Melansir dari situs Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), cara pertama untuk keluar dari lingkaran pinjol dan membayar utang yang menumpuk adalah dengan membuat rencana keuangan. Pasalnya, penting untuk mengelola segala pendapatan dan pengeluaran dengan rencana keuangan yang komprehensif dan realistis.

 

Buatlah catatan secara rinci mengenai berapa penghasilan dan pengeluaran rutin dalam periode tertentu. Apabila keduanya tidak seimbang, maka carilah letak kesalahannya.

Setelah itu, buatlah daftar utang dengan lengkap dan terperinci, termasuk tanggal jatuh tempo, besaran bunga dan besaran denda. Kemudian, tentukan skala prioritas pelunasannya.

4. Jangan Mengajukan Hutang Baru

Selain, mengurangi pengeluaran, Anda juga harus menahan diri untuk kembali mengambil pinjaman baru dan terjebak hutang pinjol gali lubang tutup lubang. Memiliki utang dan terjerat pinjaman online mungkin membuat pusing.

Tetapi, tidak dibenarkan untuk meminjam dana lain demi melunasi utang yang ada. Karena itu, berhenti mengambil utang baru menjadi salah satu cara untuk keluar dari lingkaran setan pinjaman online.

5. Pilih Cara Pembayaran yang Tepat

Membayar utang adalah kewajiban yang membutuhkan komitmen. Terdapat beberapa cara atau metode yang bisa digunakan untuk melunasi utang. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

- Metode Debt Snowball

Cara pembayaran utang yang pertama adalah metode debt snowball. Hal ini dilakukan dengan membayar utang terkecil terlebih dahulu. Jadi, Anda memprioritaskan membayar utang dengan jumlah terkecil hingga yang terbesar.

- Metode Longsoran Utang

Berbeda dengan metode debt snowball, longsoran utang justru memprioritaskan pembayaran hutang pinjol dengan nominal yang paling besar terlebih dahulu. Jadi, Anda fokus untuk melunasi utang berdasarkan suku bunga tertinggi.

Dengan begitu, seiring berjalannya waktu maka jumlah bunga yang harus dibayarkan juga menjadi lebih sedikit.

Sumber: