Mau Lepas dari Jeratan Hutang Pinjol? Lakukan 5 Cara Efektif Ini dan Jangan Salah Pilih Metode Pelunasannya

Mau Lepas dari Jeratan Hutang Pinjol? Lakukan 5 Cara Efektif Ini dan Jangan Salah Pilih Metode Pelunasannya

Hutang pinjol kerap menjadi masalah nasabah baru, akibat dari gampangnya mengajukan pinjaman online dana dan modal.--

RADAR TEGAL - Pinjaman online atau pinjol akhir-akhir ini banyak dijadikan masyarakat untuk mendapatkan modal atau pinjaman uang. Tetapi tahukah Anda, tidak sedikit nasabah yang justru terjebak jeratan hutang pinjol

Proses pengajuannya yang mudah dan pencairan cepat dananya hanya membutuhkan beberapa hari, menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga tanpa disadari nasabah, ternyata belakangan malah kemudahan itu berubah menjadi lilitan jeratan hutang pinjol.

Meski begitu, sebagai nasabah tetap harus bertanggung jawab membayar atau melunasi pinjaman uangnya. Jika tidak ingin tercekik jeratan hutang pinjol, Anda harus bisa mengembalikan dananya tepat waktu.

Hindari kemungkinan menunggak cicilan, yang bisa berakibat Anda mengambil pinjaman baru untuk menutupi pinjaman lama. Jika ini terjadi, pasti akan membuat masalah baru yakni terjerat hutang pinjol.

Karena itu, dalam artikel ini akan membahas tentang cara efektif yang bisa dilakukan nasabah agar terhindar dari permasalahan pinjol. Perlu diingat, sekali terlibat masalah dengan pinjaman uang tersebut, ini akan mempengaruhi kredibilitas Anda.

Imbasnya, saat akan melakukan hal serupa di kemudian hari, Anda akan mengalami berbagai kesulitan atau kendala. Di bawah ini terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, agar seseorang bisa keluar dari persoalan pinjaman online.

5 cara membebaskan diri dari jeratan hutang pinjol

1. Mulai Mengurangi Pengeluaran

Supaya hutang bisa dilunasi, laju pengeluaran harus dibatasi. Ini bertujuan untuk menekan biaya yang tidak terlalu penting dan mengalihkannya untuk membayar utang sekecil apapun.

Anda dapat mengatur kembali keuangan dan memulai hidup dengan biaya yang lebih minimalis. Beberapa pengeluaran yang bisa ditekan antara lain biaya layanan streaming, memesan makanan online, dan biaya konsumtif lainnya.

2. Cari Pekerjaan Sampingan untuk Tambahan Penghasilan

 

Mempunyai penghasilan tambahan dapat meningkatkan potensi untuk membayar utang. Hal ini akan sangat membantu terlebih jika pendapatan utama tidak cukup untuk membayar utang dan membiayai kehidupan sehari-hari.

Selain itu, ada banyak alternatif pekerjaan yang bisa membantu menambah penghasilan Anda. Mulai dari menjadi freelancer, part time, affiliator, hingga berdagang atau berwirausaha sendiri untuk menghindari jeratan hutang pinjol.

Sumber: