MANTAP! Kantongi 3.055 Suara, Calon Petahana Menangi Pilkades Mejasem Barat Kabupaten Tegal

MANTAP! Kantongi 3.055 Suara, Calon Petahana Menangi Pilkades Mejasem Barat Kabupaten Tegal

Calon Kades Petahana Mejasem Barat Kabupaten Tegal sapa warganya usai rampung penghitungan suara dalam Pilkades 2023.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Calon petahana Yuswan Maulana ST menangi Pilkades Mejasem Barat Kabupaten Tegal 2023. Yuswan berhasil kantongi 3.055 suara dari total 4.995 suara sah.

Ketua Panitia Pilkades Mejasem Barat, Drs Sutrisyanto menyatakan, jumlah DPT Mejasem Barat sebanyak 10.023. Namun saat pemungutan suara yang hadir hanya 5.076 orang.

"Dari jumlah tersebut tercatat ada 4.995 suara sah dan sisanya 81 surat suara tidak sah," cetusnya. 

Di Mejasem Barat, kata dia, ajang Pilkades kali ini diikuti 4 calon yang sebelumnya sudah ditetapkan lolos dalam agenda pendaftaran dan pemberkasan. 

BACA JUGA:Amankan Pilkades Kabupaten Tegal Serentak Gelombang 1, Polres Tegal Libatkan Personel 3 Daerah Tetangga

Calon kades Petahana, Yuswan Maulana ST masih mendapatkan amanat dari warga Desa Mejasem Barat dengan memperoleh suara 3.055. Disusul Drs Ajmadun dengan capaian 1.198 suara, Alvin Eerlangga 478 suara, dan Ardhani sebayak 264 suara. 

Terpisah Plt Kepala Dispermades Kabupaten Tegal, Dessy Arifianto melalui Fungsional Penggerak Swadaya Masyarakat Desa, Mulyono HS menyatakan, ada 47 desa di 17 kecamatan yang menggelar Pilkades tahun ini.

dari 47 desa itu, terdapat 3 desa dengan jumlah DPT terbanyak, yakni melebihi 10.000. Tiga desa itu, yakni Mejasembarat, Jembayat dan Balapulang Wetan.

Menurutnya kemenangan calon petahana di daerah dengan jumlah DPT terbanyak tersebut, tidak diikuti kemenangan petahana lainnya. 

BACA JUGA:Mantap Jiwa! Pilkades Kabupaten Tegal 2023 Berlangsung Kondusif

Seperti di Desa Balapulang Wetan, petahana Suaedi gagal meraih kemenangan dan posisi kades baru bakal diisi oleh M. Misbaul Munir. Sementara di Desa Jembayat, diajang pilkades serentak kali ini tidak diikuti petahana dan menampilkan wajah-wajah baru.

"Di Desa Jembayat di pilkades kali ini ada 5 calon wajah baru dan dari hasil rapat penghitungan suara dimenangkan oleh Talkis. Secara keseluruhan proses demokrasi di 47 desa berjalan sesuai yang kita harapkan," ujarnya Kamis 12 Oktober 2023. 

Mulyono menyatakan bahwa paska rapat pemungutan dan penghitungan surat suara, agenda Pilkades serentak akan dilanjutkan dengan penetapan hasil pemungutan dan penghitungan suara maksimal hingga 3 hari kedepan.

"Selanjutnya dalam waktu 7 hari kedepan setelah penetapan Kades terpilih, panitia pilkades wajib melaporkan kepada BPD. Atas dasar laporan dari panitia pilkades, BPD melaporkan pelaksanaan pilkades beserta hasilnya kepada Bupati Tegal melalui camat," ungkapnya. 

Sumber: