Amankan Pilkades Kabupaten Tegal Serentak Gelombang 1, Polres Tegal Libatkan Personel 3 Daerah Tetangga

Amankan Pilkades Kabupaten Tegal Serentak Gelombang 1, Polres Tegal Libatkan Personel 3 Daerah Tetangga

ALL OUT - Personel BKO yang diterjunkan untuk mengamankan Pilkades Kabupaten Tegal yang berlangsung serentak.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Rabu, 11 Oktober 2023, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Kabupaten Tegal gelombang 1 berlangsung serentak. Selain dari Polres Tegal, pengamanan juga melibatkan personel polres lain dari 3 daerah tetangga.

Yakni dari Polres Tegal Kota, Polres Pemalang dan Polres Brebes yang tergabung dalam Dalmas Polres Rayon Pekalongan. Aparat dari 3 daerah tersebut ikut dilibatkan dalam pengamanan Pilkades Kabupaten Tegal. 

Selain itu, Polres Tegal juga mengerahkan personel gabungan TNI-Polri serta instansi terkait. Dibantu BKO (Bantuan Khusus Operasional) dari Bataliyon B Pelopor Satbrimob dan Perintis Ditsamapta Polda Jateng untuk menjaga kondusivitas Pilkades Kabupaten Tegal. 

Polri khususnya Polres Tegal berkomitmen memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat yang akan menggunakan hak suaranya dalam Pilkades Kabupaten Tegal kali ini. Usai Apel Pergeseran Pasukan, para personel BKO melaksanakan patroli menuju rayon masing-masing. 

BACA JUGA:Mantap Jiwa! Pilkades Kabupaten Tegal 2023 Berlangsung Kondusif

Mereka bersiap untuk melaksanakan Siaga 1 Pengamanan Pilkades Kabupaten Tegal serentak menggunakan kendaraan dinas beserta perlengkapan pengamanan lengkap seperti rompi, tameng, tongkat polri, borgol dan helm pengaman. 

Hal ini seperti diungkap Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK. Menurutnya, terdapat 47 desa yang melaksanakan Pilkades Kabupaten Tegal.

“Kami menerapkan sistem rayonisasi. Para personel BKO siap digerakkan sewaktu-waktu memperkuat daerah yang memiliki potensi kerawanan dan membutuhkan perhatian khusus," terangnya.

Menurut dia, pengamanan Pilkades Kabupaten Tegal khusus tersebut difokuskan pada  TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang memiliki jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap) terbanyak. Hal ini sebagai antisipasi terjadinya konflik sosial. 

BACA JUGA:Besok! 47 Desa Gelar Pilkades Kabupaten Tegal Digelar Serentak, Ini Harapan Bupati

Kapolres Tegal menambahkan, dalam penugasan pengamanan tersebut, anggota akan selalu bersinergi dengan TNI dan pemerintah desa, kecamatan dan kabupaten. 

“Tingkatkan soliditas, komunikasi dan kekompakan sebagai personel keamanan guna menciptakan keamanan selama Pilkades berlangsung. Antisipasi dengan baik adanya potensi gangguan keamanan baik orang, tempat maupun lokasi kegiatan,” tandasnya saat memberi arahan pada personel yang bertugas mengamankan Pilkades Kabupaten Tegal. (*)

Sumber: