Bedah Peran Mahasiswa Pascasarjana di Pemilu 2024, UPS Tegal Gelar Kuliah Umum

Bedah Peran Mahasiswa Pascasarjana di Pemilu 2024, UPS Tegal Gelar Kuliah Umum

Program Pascasarjana UPS Tegal gelar Kuliah Umum bedah peran mahasiswa Pascasarjana di Pemilu 2024.-Istimewa-

RADAR TEGAL - Bedah peran mahasiswa Pascasarjana pada Pemilu 2024, Program Pascasarjana Universitas Pancasakti (UPS) Tegal gelar kuliah umum, Sabtu, 7 Oktober 2023. Kegiatan dilangsungkan di Aula Yayasan Pendidikan Pancasakti, diikuti 95 mahasiswa Pascasarjana UPS Tegal.

Tema yang diangkat dalam kegitan itu, yakni 'Peran Pascasarjana UPS Dalam Menghadapi Tahun Politik 2024'. Kuliah umum terkait Pemilu 2024 ini mneghadirkan narasumber Prof Dr Suteki SH MHum, dengan moderat Erwin Aditya Pratama SH MH. 

Prof Dr Sitti Hartinah DS MM, Direktur Pascasarjana UPS Tegal, menyampaikan bahwa kegiatan kuliah umum ini dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa dalam upaya menggali ilmu pengetahuan dari narasumber.

"Saya berharap semua mahasiswa yang hadir disini bisa dengan cermat dan sigap dalam memanfaatkan ilmu yang disampaikan oleh narasumber," katanya.

BACA JUGA:Jelang Pemilu, Program Pasca Sarjana UPS Tegal Undang Pakar Hukum Prof Suteki dari Semarang

Hartinah menjelaskan, kuliah umum ini merupakan suatu momentum semangat mahasiswa untuk berperan aktif pada tahun politik 2024. 

Mahasiswa, kata dia, memiliki peranan memberikan wawasan penyadaran terhadap masyarakat untuk selalu mengawasi dan ikut mengontrol pemerintah dalam memutuskan kebijakan publik atau kebijakan politik. 

"Kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan gambaran konkret tentang peranan mahasiswa Pascasarjana di dalam tahun politik 2024," ujar Hartinah lagi.

Dr Taufiqulloh MHum, Rektor UPS Tegal dalam sambutannya saat membuka kuliah umum, menyampaikan pentingnya mahasiswa Pascasarjana untuk berperan aktif dalam pemilu 2024.

BACA JUGA:Pascasarjana UPS Tegal Tingkatkan Daya Saing SDM Unggul, Siap Songsong Smart Society 5.0

"Peranan ini tidak lepas dari fungsi Tri Dharma perguruan tinggi seperti pendidikan, penelitian, dan pengabdian," tegas Taufiq.

Menurut Taufiq, mahasiswa harus turut andil dalam memberikan edukasi kepada masyakat terkait pemilu 2024 yang akan datang.

"Agar masyarakat dapat memilih dengan bijak dan memciptakan pemilu yang bersih melahirkan pemimpin yang jujur dan adil," tutupnya.

Sementara itu, narasumber dalam kuliah umum Prof Dr Suteki SH MHum, memaparkan peran perguruan tinggi di dalam tahun politik.

Sumber: