Pascasarjana UPS Tegal Tingkatkan Daya Saing SDM Unggul, Siap Songsong Smart Society 5.0

Pascasarjana UPS Tegal Tingkatkan Daya Saing SDM Unggul, Siap Songsong Smart Society 5.0

Direktur Program Pascasarjana UPS Tegal, Prof Dr Siti Hartinah bersama Kaprodi Magister Ilmu Hukum Dr. Sanusi SH MH memberikan kenang-kenangan kepada salah satu calon wisudawan.-foto: agus mutaalimin/dnn tegal-

RADAR TEGAL - Program Pascasarjana Universitas Pancasakti (UPS) Tegal menggelar yudisium jenjang magister pascasarjana periode genap tahun 2022/2023. Yudisium dilakukan di Hotel Karlita Tegal, Rabu 20 September 2023.

Yudisium program pascasarjana UPS Tegal itu mengambil tema "Tingkatkan Daya Saing SDM Unggul yang Berbasis Literasi Riset dalam Menyongsong Era Smart Society 5.0". Acara tersebut diikuti 47 mahasiswa magister.

Masing-masing terdiri dari 16 mahasiswa progdi Magister Managemen, 13 mahasiswa progdi Magister Ilmu Hukum, dan 18 mahasiswa magister Pedagogi. Direktur Pascasarjana UPS Tegal, Prof Dr Siti Hartinah DS mengucapkan selamat kepada para calon wisudawan.

Menurutnya, para calon wisudawan yang menghadiri yudisium kali ini telah mampu menyelesaikan kuliah program pascasarjananya denganwaktu yang cepat. Hartinah mengungkapkan hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab pascasarjana UPS Tegal kepada bangsa dan negara.

"Utamanya dalam penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas, dan memiliki daya saing di era global. Ini sesuai dengan tema kita tingkatkan daya saing SDM unggul yang berbasis literasi riset dalam menyongsong era smart society 5.0," kata Hartinah.

Persembahan generasi milenial

Hartinah menyebutkan atas nama pribadi dan institusi sangat bangga mampu mempersembahkan para generasi millenial yang akan mengisi berbagai peluang di masyarakat. Menurutnya, mahasiswa yang mengikuti yudisium kali ini merupakan wisudawan yang berkualitas.

Selain itu, tentunya juga memiliki daya saing sebagai momentum penting untuk para calon wisudawan, orang tua, dan keluarganya. "Dan tentunya juga bagi kami, para pengelola dan seluruh dosen pascasarjana, karena telah berhasil mengantarkan kelulusannya."

Wakil Rektor 1 UPS Tegal, Prof Dr Purwo Susongko mewakili Rektor UPS Tegal Dr. Taufiqulloh MHum mengucapkan selamat dan sukses kepada para calon wisudawan program pascasarjana UPS Tegal yang telah dinyatakan lulus. Menurut Purwo, yudisium itu adalah kelulusan.

"Sehingga Anda harus bijaksana dan mampu menjaga kebenaran ilmiah, dengan gelar magister yang didapatkan. Karena saudara semua adalah seseorang yang memiliki kebijaksanaan," ungkapnya lagi.

Purwo berharap para calon wisudawan bisa memanfaatkan ilmunya dengan bijaksana, dan  melanjutkannya dalam berkarir.

Sedangkan Wakil ketua Yayasan Perguruan Pancasakti Tegal, Dr Eddy Praptono SH MH mengucapkan selamat dan sukses kepada para calon wisudawan yang telah menyelesaikan ilmunya dengan sempurna.

"Semoga setelah lulus bisa digunakan secara baik dalam memanfaatkan ilmunya. S2 itu sudah mengarah ke penjurusan, dan sudah bisa melayani kebutuhan yang ada di masyarakat," paparnya.

Eddy juga berharap program pascasarjana UPS bisa lebih meningkat lagi kualitasnya. "InsyaAllah tahun depan sudah bisa menggunakan gedung yang baru." (*)

Sumber: