Pasca Kebakaran Pasar Losari Brebes, Pemkab Wacanakan Penataan Ulang

Pasca Kebakaran Pasar Losari Brebes, Pemkab Wacanakan Penataan Ulang

Pj Bupati (tengah) saat diwawancara usai mengecek lokasi kebakaran di Pasar Losari, Kecamatan Losari, Minggu 8 Oktober 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Pascakebakaran yang terjadi di Pasar Losari, Kecamatan Losari, Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin langsung meninjau lokasi kebakaran di Pasar Losari Brebes, Minggu siang 8 Oktober 2023. Bahkan, pihaknya berencana akan melakukan penataan di pasar tersebut.

Ditemui usai melakukan pengecekan di lokasi kebakaran, Urip menjelaskan saat ini masih dalam proses penyelidikan pihak kepolisian. Ada 20 kios dan 6 kios serta dua toko yang terbakar. 

Selain membakar sejumlah kios dan lapak, kebakaran ini juga menghanguskan Pos Polisi Cisanggarung.

"Setelah kami cek lokasi kebakaran, yang harus dipikirkan adalah bagaimana para pedagang ini bisa tetap berjualan. Tapi karena lokasi dalam proses penyelidikan kepolisian, maka kami minta Pak Kades Losari Lor untuk mencarikan tempat untuk para korban berjualan," ujarnya. 

BACA JUGA:Update Kebakaran Pasar Losari Brebes, 20 Kios 6 Lapak dan 2 Toko Dilalap Si Jago Merah

BACA JUGA:Cerita Pemilik Kios di Losari yang Terbakar, 'Saya Lagi Ikut Acara Maulid Nabi'

"Kami juga sudah berkomunikasi dengan Baznas Brebes untuk memberikan bantuan modal kepada para pedagang yang menjadi korban kebakaran ini," imbuhnya.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan berkordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Kordinasi ini nantinya untuk melakukan penataan ulang Pasar Losari. Hal ini lantaran kondisi pasar yang cukup membahayakan berada di lorong dan bawah jembatan. 

Dugaan sementara dari kebakaran ini adalah korsleting listrik, sehingga pihaknya juga berencana melakukan penataan jaringan listrik di pasar tersebut. 

"Untuk penataan ulang ini harus melibatkan BBWS Cimanuk-Cisanggarung, Balai Besar Pengelola Jalan Nasional, dan PLN. Kita akan membicarakan penataan ulang seperti apa sebaiknya. Jadi kita ini bicaranya untuk kebaikan bersama, baik untuk pedagang maupun warga," pungkasnya.

BACA JUGA:Puluhan Kios dan Pos Polisi Cisanggarung Losari-Brebes Terbakar

Diberitakan sebelumnya, pasca insiden kebakaran di Pasar Losari, Kecamatan Losari sejumlah pemilik kios masih mengevakuasi barang yang masih bisa dibawa. Total, ada 20 kios, lapak dan toko yang ada di komplek Pasar Losari.

Plt. Kasi Trantib Kantor Kecamatan Losari, Casdik mengatakan, kebakaran yang terjadi Sabtu 7 Oktober 2023 malam itu membakar puluhan kios lapak dan toko. Selain itu, api juga menghanguskan Pos Polisi Cisanggarung.

"Setelah tadi melakukan pendataan, data sementara yang kami peroleh dilokasi kejadian, total ada 28 tempat dagangan. Terdiri dari 20 kios, 6 lapak dan 2 toko milik pedagang di Pasar Losari," ujarnya, Minggu 7 Oktober 2023 di lokasi kejadia .

Sumber: