Siaga 1, Pengamanan Masa Tenang Jelang Pilkades Gelombang 1 Kabupaten Tegal Terus Digelar

Siaga 1, Pengamanan Masa Tenang Jelang Pilkades Gelombang 1 Kabupaten Tegal Terus Digelar

PENGAMANAN - Selain pengamanan masa tenang, personel Polres Tegal juga sekaligus melakukan pengamanan logistik, Minggu 8 Oktober 2023.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Dalam rangka pemeliharaan Kamtibmas pada Pilkades Serentak Gelombang I Tahun 2023, Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK menggelar siaga 1 untuk pengamanan masa tenang.

Strategi pengamanan masa tenang yang dilakukan ini, salah satunya dengan menyiapkan Peleton Siaga dan Cooling Sistem. Menurutnya, Polres Tegal masih menetapkan Siaga 1 untuk sekarang.

"Tahapan (pengamanan) masa tenang sampai pencoblosan, masih kami tetapkan sebagai Siaga 1," terangnya.

Pengamanan masa tenang ini sebagai upaya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Tegal pada rangkaian pilkades serentak. Pihaknya akan menyiagakan sebanyak 2 peleton yang bisa digerakkan sewaktu-waktu.

BACA JUGA:Nihil Gesekan! 3 Hari Kampanye Pilkades 2023 Kabupaten Tegal Berlangsung Aman dan Kondusif

"Serta kapolsek, bhabin dan polisi RW yang hadir di tengah-tengah masyarakat, siap menjadi Cooling Sistem," ungkap Kapolres Tegal.

Diakuinya, meski ada pengamanan masa tenang, masih terdapat potensi gangguan, seperti konflik komunal. Dalam hal ini, para simpatisan masing-masing calon kepala desa akan membela dan memberikan dukungan secara maksimal.

Karenanya, Kapolsek, Bhabinkamtibmas dan Polisi RW Polres Tegal siap bersinergi dengan setiap instansi yang terkait seperti Dispermades, Pemerintah Daerah, Kecamata, Desa serta Kodim 0712/ Tegal dalam pengamanan masa tenang hingga hari H.

Pengamanan logistik pilkades

Usai tahapan kampanye memasuki masa tenang selama 5 hari (6 sampai 10 Oktober 2023), Polres Tegal melakukan pengawalan dan pengamanan Logistik Pilkades. Seperti surat suara, kotak suara, bilik suara, tinta sidik jari, kertas penghitungan, kertas rekapitulasi desa, paku dan bantalan.

BACA JUGA:Tolak Politik Uang, Panitia Pilkades Slawi Kulon Kabupaten Tegal Sengaja Lakukan Ini

Kemudian ada topi serta ID Card yang menjadi identitas panitia dari percetakan di Cirebon menuju Kantor Dispermades Slawi pada Sabtu, tanggal 7 Oktober 2023 dilanjutkan dengan distribusi ke 17 Kecamatan Penyelenggara Pilkades Serentak ini.

Pada Sabtu pagi, Pukul 08.50 WIB, Logistik Pilkades Serentak Gelombang I Kabupaten Tegal tahun 2023, tiba di Kantor Dispermades Kabupaten Tegal yang selanjutnya didistribusikan ke masing-masing kecamatan. Kecuali pada Desa Jembayat Kecamatan Margasari dan Desa Kabunan Kecamatan Dukuhwaru.

Proses pendistribusiannya akan didrop langsung ke balai desa karena lokasi kecamatan lebih dekat dibandingkan lokasi balai desa yang akan dituju. Pengamanan masa tenang dan logistik ini melibatkan gabungan staf Satsamapta dan Polsek Jajaran Polres Tegal.

Sumber: