30 Persen Anak-anak Belum Terlayani Pendidikan Anak Usia Dini, Walikota Tegal Bilang Begini

30 Persen Anak-anak Belum Terlayani Pendidikan Anak Usia Dini, Walikota Tegal Bilang Begini

BERSAMA-Kepala Bidang PNFI Disdikbud Kota Tegal Trismanto, Kepala Bidang Tri S Novianto dan Pengurus Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini usai dilantik.-Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Pendidikan anak usia dini merupakan sesuatu yang penting bagi anak-anak kita. Sayangnya, masih terdapat 30 persen dari anak-anak di Kota Tegal yang belum terlayani pada pendidikan anak usia dini.

"Saat ini masih terdapat 30 persen, anak-anak kita yang belum terlayani pada pendidikan usia dini, terdapat hampir 48 persen, PAUD kita belum terakreditasi Minimal B," ungkap Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam sambutan yang dibacakan Kepala Bidang PNFI Disdikbud Kota Tegal Trismanto, Minggu 24 September 2023 saat pelantikan Pengurus Perhimpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kota Tegal Periode 2023-2027.

Dalam pelantikan yang berlangsung di Gedung Adipura Komplek Balai Kota Tegal itu, walikota mengucapkan selamat kepada segenap pengurus yang baru dilantik. Walikota berharap pengurus dapat menjalankan amanah, tugas, dan tanggung jawab dan pengabdian bagi bidang pendidikan khususnya Pendidikan Anak Usia Dini.

Menurutnya, arah kebijakan pemerintah dalam pembangunan di bidang pendidikan, difokuskan dalam perluasan akses layanan dan peningkatan mutu layanan. Sejalan dengan hal tersebut, maka Himpaudi sebagai organisasi profesi untuk dapat menyusun program-program yang dapat menyentuh ke dua aspek tersebut.

BACA JUGA:VIRAL! Video Kampus FISIP Unsoed Purwokerto Tidak Terawat, Netizen: Berasa Kuliah di Suzuran

BACA JUGA: Gandeng Radar Tegal, 70 Anggota Pramuka SMP Negeri 9 Kota Tegal Belajar Jurnalistik

Dedy mengungkapkan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan anak usia dini belum merata. Permasalahan-permasalahan tersebut perlu segera diselesaikan secara terpadu dan berkelanjutan. 

Himpaudi sebagai organisasi profesi yang memiliki peran dan fungsi yang penting dan strategis dalam bidang pendidikan sebagai organisasi profesi Himpaudi mempunyai tiga fungsi utama. 

Di antaranya mempersatukan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini, meningkatkan kualitas pendidik dan kependidikan anak usia dini. 

"Kemudian memperjuangkan peningkatan kesejahteraan dan perlindungan bagi pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini," pungkasnya.

BACA JUGA:Bak Pemilihan Presiden, SMK Peristek Pangkah Gelar Pilketos Lengkap dengan Kampanye

BACA JUGA:Top Markotop! 2 Guru SMA Negeri 2 Tegal Lolos Program Pendidikan Pengajar Internasional

Pelantikan sendiri berlangsung untuk meneruskan program Himpaudi ke depan. Hal itu untuk membangun organisasi ini agar menjadi lebih baik lagi. 

Ketua Himpaudi Kota Tegal Harmawati Mukhabar usai dilantik mengajak pengurus untuk bersama sama membangun Himpaudi ke depan dalam mendidik anak usia dini. Supaya organisasi ini ke depan menjadi lebih baik. 

Sumber: radartegal.disway.id