Raih Nilai 97, Bojongnangka Wakili Desa Antikorupsi Pemalang di Penilaian Tingkat Jateng

Raih Nilai 97, Bojongnangka Wakili Desa Antikorupsi Pemalang di Penilaian Tingkat Jateng

PEMALANG - Setelah berhasil meraih nilai yang nyaris sempurna, Desa Bojongnangka menjadi wakil Pemalang di penilaian desa antikorupsi di tingkat Jawa Tengah.-pemalangkab.go.id-

RADAR TEGAL - Berhasil meraih nilai istimewa, Desa Bojongnangka akhirnya terpilih mewakili Kabupaten Pemalang dalam penilaian desa antikorupsi tingkat Jawa Tengah. 

“Hasil sidang tim penilai provinsi dan kabupaten kemarin memutuskan penilaian terakhir itu kita mendapat nilai 97,” ungkap Sekretaris Diskominfo Kabupaten Pemalang Joko Ngatmo, Kamis 21 September 2023. 

Selaku anggota tim penilai dari Kabupaten Pemalang, dia menjelaskan, setelah dilakukan tahapan pembinaan Desa Bojongnangka akhirnya berhak mewakili kabupaten dalam penilaian di Jawa Tengah.

Hasil tersebut setelah tim penilai desa antikorupsi tingkat Jawa Tengah yang terdiri dari Inspektorat, dan Diskominfo Provinsi Jawa Tengah. Termasuk tim dari kabupaten yakni Inspektorat, Dispermades, dan Diskominfo Pemalang melakukan sidang penilaian, Rabu, 20 September 2023.

BACA JUGA:Polisi Bantu Tunut, Janda Miskin di Pemalang yang Tak Tersentuh Bantuan Pemerintah

BACA JUGA:Festival Wong Gunung Pemalang 2023, 7 Pendekar Jalan Kaki 3 Km Lakukan Ritual Pengambilan Banyu Penguripan

“Dalam penilaian tingkat provinsi ini akan diambil tiga besar desa antikorupsi terbaik. Nanti salah satu akan mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional,” ujanya.

Joko menyebutkan ada 18 unsur dalam penilaian desa antikorupsi. Semua unsur itu harus terdokumentasikan semua.

Baik secara manual (yang ditempel) maupun melalui website milik desa. Menurut Joko, penilaian dilakukan tidak hanya berupa fisik perangkat desa saja tetapi penilaian juga melibatkan masyarakat, termasuk tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Lebih lanjut Joko mengatakan, kegiatan ini dapat dijadikan pembelajaran di lingkungan Pemkab Pemalang. Tterutama di seluruh desa sehingga ini menjadi contoh desa-desa yang lain.

BACA JUGA:Sekda Pemalang Dilantik, Ketua DPRD: Jangan Ada Dikotomi Pemalang dan Bukan Pemalang

BACA JUGA:Petani Pemalang Menjerit, Harga Cabai Rawit Anjlok hingga Bikin Rugi

“Sehingga nanti harapan kita di seluruh Pemalang akan menuju desa antikorupsi. Dan program di Desa Bojongnangka menjadi desa rujukan. Sesuai program dari Inspektorat tahun ini harus meniru semua walaupun sudah ada 14 desa di masing masing kecamatan,” imbuhnya dikutip dari web resmi Pemkab Pemalang.

Program Desa Antikorupsi

Sumber: pemalangkab.go.id