Bangunan Tembok Proyek Labkesda Senilai Hampir 4 Miliar Dinformasikan Miring, Dinkes Langsung Cek Lapangan

Bangunan Tembok Proyek Labkesda Senilai Hampir 4 Miliar Dinformasikan Miring, Dinkes Langsung Cek Lapangan

Kabid Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinkes merangkap PPKom terjun melihat progres proyek pembangunan Labkesda.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Bangunan tembok proyek pembagunan gedung Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kabupaten Tegal senilai hampir 4 miliar dinformasikan miring.

Karena itu, Dinad Kesehatan (Dinkes) segera melakukan cek kondis lapangan guna memastikan pebanguna berjalan sesuai ketentuan.

Kepala Dinkes Ruszaeni melalui Kabid Pelayanan Kesehatan Masyarakat merangkap PPKom kegiatan pembangunan Labkesda, Saliyem menyatakan, pihaknya langsung melakukan cek lapangan paska mendengar informasi tersebut.

Informasi yang masuk menyebut bahwa bangunan tembok yang belum diplester tersebut terkesan agak miring dan dikhawatirkan roboh sebelum digunakan. 

BACA JUGA:Cek Progres Pembangunan Labkesda Kabupaten Tegal, Sekda: Harus Selesai Tepat Waktu

BACA JUGA:Ajak Masyarakat Cek Kesehatan Berkala, Labkesda Brebes Luncurkan GEMERLAB

"Kami sempat melakukan koordinasi dengan pihak penyedia dan ada konsekuensi bahwa bangunan tembok tersebut bisa diperkuat dengan acian. Dan bangunan sebenarnya sudah berdiri dengan kokoh. Hasil rapat evaluasi dengan Dinas DPUPR menyatakan bangunan masih dalam tahapan penguatan," ujarnya Selasa 19 September 2023.

Menurutnya, tim teknis juga menyarakan untuk menyelesaikan finishing acian agar nantinya bisa dievaluasi kembali.

Ditegaskan bahwa Labkesda merupakan pembangunan strategis untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Tegal ke depan lebih baik lagi.

"Kami berharap pembangunan Labkesda bisa diselesaikan tepat waktu dan kualitasnya terjamin. Hal ini mengingat adanya ruangan-ruangan khusus untuk fungsi laboratorium rujukan dari puskesmas, maupun layanan kesehatan lainnya yang harus memenuhi standar pelayanan untuk penyembuhan dan pencegahan berbagai penyakit di masyarakat yang ada di Kabupaten Tegal," cetusnya. 

BACA JUGA:Progres Pembangunan Puskesmas Margasari Belum Jelas, Pemkab Tegal Dinilai Lamban

BACA JUGA:Meriahkan Karnaval Pembangunan, Kodim 0712 Tegal Pamer Slogan Baru

Lebih jauh dia mengungkapkan, Labkesda merupakan unsur yang melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional dan kegiatan teknis penunjang tertentu yang berada di bawah Dinas Kesehatan.

"Dukungan anggaran untuk mewujudkan Labkesda berasal dari DAK dengan pagu sebesar Rp4.700.000.000. Adapun nilai kontrak pembangunannya sebesar Rp3.759.112.000. Untuk kontruksi bangunan 1 lantai. Di mana pengerjaan fisik sudah dimulai sejak 25 Juli 2023 dan diharapkan rampung pada 6 Desember 2023 mendantang," ungkapnya.

Sumber: