Bangunan Sekolah di Tegal Ambruk, Dinas Dikbud Pastikan Rehab SDN Dukuhlo 01 Tahun Ini

Bangunan Sekolah di Tegal Ambruk, Dinas Dikbud Pastikan Rehab SDN Dukuhlo 01 Tahun Ini

TINJAU - Bangunan sekolah di Tegal ambruk. Tampak Kabid Pembinaan SD Dinas Dikbud bersama Kasi Sarpras melihat dari dekat bangunan atap SDN 01 Dukuhlo yang mengalami kerusakan.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Peristiwa bangunan sekolah di Tegal ambruk menyita perhatian banyak pihak akhir Januari lalu. Lokasinya berada di SDN Dukuhlo 01 Lebaksiu.

Sebagai tindak lanjut pasca bangunan sekolah di Tegal ambruk, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Tegal memastikan akan merehab bangunan kelas tersebut dengan dukungan APBD II reguler. Diketahui, bagian yang ambruk adalah bangunan atap kelas SDN Dukuhlo 01 Lebaksiu.

Mengenai bangunan sekolah di Tegal yang ambruk, Kepala Dinas Dikbud Fakihurochim SSos MM melalui Kabid Pembinaan SD  Mahmudin didampingi Plt Kasi Sarpras SD  Suswandi menyatakan bahwa pihaknya positip mendapatkan anggaran dari APBD II reguler sebesar Rp380 juta untuk mendukung rehab ruang kelas tersebut. 

"Untuk saat ini siswa  kelas 1 menjalankan aktifitas belajar di ruang perpustakaan," ujarnya, Senin 5 Februari 2024 mengungkap kondisi setelah bangunan sekolah di Tegal ambruk.

BACA JUGA: Bangunan SD di Kabupaten Tegal Ambruk, Siswa SDN Dukuhlo 01 Lebaksiu Terpaksa Mengungsi

Ditegaskan bahwa peristiwa bangunan sekolah di Tegal ambruk, berupa ruang kelas 1 juga berimbas pada ruang guru yang posisinya bersebelahan dengan kelas tersebut. Peristiwa ambruknya bangunan atap ruang kelas tersebut dipicu hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Lebaksiu sejak malam hingga pagi hari.

"Dengan dukungan anggaran yang ada kami akan mewujudkan rehab ruang kelas, dan bukan membangun ruang kelas baru. Rehab ruang kelas sekaligus memperbaiki ruang guru yang terkena imbas reruntuhan atap kelas,ungkapnya.

Pihaknya menyatakan, rehab ruang kelas di SDN Dukuhlo 01 tersebut sebenarnya sudah masuk daftar pada tahun 2023 silam. Namun adanya keterbatasan anggaran, pihak dikbud menggunakan skala prioritas untuk sekolah yang memang harus didahulukan untuk keselamatan siswa didik.

Disinggung soal anggaran rehab sekolah yang didapat tahun 2024, keduanya mengaku masih menunggu draf resmi, mengingat ada perampingan anggaran. 

"Mungkin dalam pertengahan bulan ini kita bisa mengetahui  besaran dan sekolah mana saja yang akan mendapatkan alokasi bantuan baik dari DAU, APBD II, maupun provinsi,"ungkapnya.

Demikian informasi terkait penanganan pasca bangunan sekolah di Tegal ambruk. Semoga ini bermanfaat. (*)

Sumber: