4 Mitos tentang Tumbal Proyek, Benarkah Jadi Salah Satu Syarat Pembangunan Sukses?

4 Mitos tentang Tumbal Proyek, Benarkah Jadi Salah Satu Syarat Pembangunan Sukses?

4 Mitos Tentang Tumbal Proyek, Salah Satunya Untuk Mensukseskan Suatu Pembangunan pict-istockphoto--

Radartegal.id - Istilah tumbal proyek masih sering terdengar sampai saat ini. Kabarnya ada tujuan khusus suatu proyek yang sedang dibangun tersebut membutuhkan tumbal. Sedikitnya ada 4 mitos tentang tumbal proyek yang dipercaya masyarakat saat ini.

Konon, tumbal proyek bisa berupa manusia atau hewan yang nantinya disajikan kepada makhluk gaib yang bersekutu dan berjanji akan menyukseskan proyek tersebut. Ini dia 4 mitos tentang tumbal proyek yang masih dipercaya hingga sekarang.

Rupanya penumbalan ini merupakan sebuah ritual yang dilakukan berupa perjanjian dengan makhluk gaib. Konon kabarnya jika tumbal tidak bisa diberikan sesuai keinginan dari makhluk gaib tersebut proyek tidak akan berjalan mulus.

Berikut adalah 4 mitos tentang tumbal proyek yang masih dipercaya saat ini. Tidak usah berlama-lama lagi, mari kita simak bareng 4 mitos tentang tumbal proyek, benarkah menjadi salah satu syarat sukses proyek pembangunan?

BACA JUGA: 5 Tempat Bersejarah di Indonesia yang Memiliki Mitos Seram, Ada yang Berkaitan dengan Arwah Tahanan

BACA JUGA: Mitos Penunggu Sungai Pemali di Brebes, Kerap Minta Tumbal Setahun Sekali

Mitos tentang tumbal proyek

Tumbal proyek memiliki kaitan tersendiri dengan praktik-praktik magis atau kepercayaan terhadap hal-hal supranatural. Dalam banyak kasus, kerap kali dijumpai bahwa tumbal proyek juga bisa terjadi dalam bentuk mengorbankan sumber daya atau aspek lainnya dalam proyek yang dianggap penting.

Tentu salah satu tujuannya adalah mencapai tujuan akhir yakni kesuksesan pembangunan. Praktik ini memang terbilang kontroversial dan dilarang dalam banyak konteks modern karena implikasinya yang tidak etis dan tidak moral.

1. Sebagai Kebutuhan Pengorbanan

Pertama, mitos tentang tumbal proyek dipergunakan sebagai kebutuhan pengorbanan. Mitosnya sendiri menyatakan bahwa jika ingin memperoleh kesuksesan suatu proyek pembangunan, dibutuhkan adanya pengorbanan yang biasanya berupa tumbal.

Penumbalan yang dilakukan bisa berupa hewan, benda-benda tertentu, atau bahkan nyawa manusia sesuai dengan perjanjian dengan makhluk gaib. Mitos ini berhubungan dengan keyakinan bahwa energi atau kekuatan gaib perlu dipenuhi guna memastikan keberhasilan proyek yang sedang dibangun tersebut.

BACA JUGA: 5 Mitos Burung Perkutut Bunyi pada Malam Hari Paling Dipercaya, Ada yang Bawa Sial!

BACA JUGA: Mitos Pantai Selatan Tak Lepas dari Tumbal Manusia dan Ilmu Hitam dari sang Penunggu dan Penguasanya

Sumber: