Bangunan SD di Kabupaten Tegal Ambruk, Siswa SDN Dukuhlo 01 Lebaksiu Terpaksa Mengungsi

Bangunan SD di Kabupaten Tegal Ambruk, Siswa SDN Dukuhlo 01 Lebaksiu Terpaksa Mengungsi

AMBRUK - Bangunan SD di Kabupaten Tegal ambruk, Rabu 31 Januari 2024 malam. Bangunan itu merupakan ruang kelas 1 di SD Dukuhlo, Kecamatan Lebaksiu, yang ambruk setelah diterjang hujan lebat.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Bangunan SD di Kabupaten Tegal ambruk, Rabu 31 Januari 2024 malam. Bangunan tersebut merupakan ruang kelas SD Negeri Dukuhlo 01 Kecamatan Lebaksiu. 

Peristiwa bangunan SD di Kabupaten Tegal yang ambruk itu terjadi saat wilayah Lebaksiu diguyur hujan sejak Selasa 30 Januari 2024 hingga Rabu malam. Imbas ambruknya ruang kelas tersebut, para siswa terpaksa mengungsi ke ruang lainnya.

"Kami dapat informasi dari kepala sekolah yang melaporkan ruang kelas 1 ambruk. Ini akibat hujan deras yang melanda wilayah itu,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal A Jafar saat ditemui di Gedung DPRD Kabupaten Tegal, Kamis 1 Februari 2024 membenarkan adanya bangunan SD di Kabupaten Tegal ambruk. 

Dia menuturkan, bangunan SD di Kabupaten Tegal yang ambruk merupakan ruang kelas 1 yang dibangun sudah lama. Kini kondisinya mengalami kerusakan parah di dinding ruangan. 

BACA JUGA: Masih Direhab, Bangunan SDLB Brebes Ambruk

Tembok ambruk ke dalam kelas sepanjang lebih dari 10 meter. Bahkan, atap bangunan juga nyaris ambruk, karena tidak ada penyangga. 

“Beruntung, kejadiannya malam hari, sehingga tidak berimbas pada siswa. Siswa sementara belajar di ruang kelas lainnya secara bergantian,” kata Jafar. 

Dia mengemukakan, sebelum bangunan SD di Kabupaten Tegal itu ambruk, SDN Dukuhlo 01 memang memiliki beberapa bangunan yang sudah rawan. Dirinya juga sempat mengunjungi SD tersebut. 

Bahkan, SD Dukuhlo 01 akan mendapatkan bantuan rehab di tahun 2024 sebelum insiden tersebut terjadi. Nilai bantuannya sekitar Rp388 juta untuk tiga lokal.

BACA JUGA: Alhamdulillah! Rumah Lansia di Brebes yang Ambruk Rampung Diperbaiki

Dengan kondisi saat ini, kemungkinan anggaran yang sebelumnya hanya rehab, berubah menjadi kegiatan pembangunan lokal baru. 

“Anggaran yang hanya rehab bisa dialihkan menjadi ruang kelas baru, atau bisa juga masuk kategori rehab berat. Ini karena masuk kategori kegiatan mendesak,” ujarnya. 

Terpisah, Kepala SD Dukuhlo 01 Rustinah menuturkan, kabar bangunan SD di Kabupaten Tegal yang ambruk dan berlokasi di tempatnya telah ditangani. Bahkan, kejadiaan itu telah dilaporkan ke dinas terkait. 

“Sudah diatasi, silakan tanya ke Dikbud langsung,” ucapnya singkat saat diminta konfirmasi mengenai kabar bangunan SD di Kabupaten Tegal ambruk. (*)

Sumber: