Krisis Air Bersih di Kabupaten Tegal Terus Meluas, 18 Desa dari 6 Kecamatan Alami Kekeringan

Krisis Air Bersih di Kabupaten Tegal Terus Meluas, 18 Desa dari 6 Kecamatan Alami Kekeringan

ANTRE - Sejumlah warga Desa Penyalahan Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal yang krisis air bersih saat mengantre bantuan air dari PMI, Senin 11 September 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Daerah yang mengalami krisis air bersih karena kekeringan di Kabupaten Tegal semakin meluas. Jika sebelumnya pada Agustus 2023 lalu, kekeringan hanya melanda di 9 desa, bulan ini jumlahnya bertambah. 

Tercatat pada September 2023 ini, kekeringan ekstrim yang menyebabkan krisis air bersih meluas hingga 18 desa dari 6 kecamatan di Kabupaten Tegal.

Krisis air bersih terjadi karena sumur warga banyak yang mengering imbas dari El Nino. Tidak hanya sumur, sungai di tiap desa juga tak berair.

Praktis, warga bingung untuk mendapatkan air bersih. Hal ini seperti diungkap Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal Iman Sisworo melalui Kepala Markas PMI Sunarto yang membenarkan hal itu.

"Saat ini memang sudah ada 18 desa yang krisis air bersih," kata Sunarto, Senin 11 September 2023.

BACA JUGA:Bupati Tegal Khawatir Kasus Stunting Naik Akibat Krisis Air Bersih : Ini Sangat Berpotensi

BACA JUGA:9 Desa Alami Krisis Air Bersih, Bupati Tegal Umi Azizah Khawatirkan Hal Ini

Dia menjelaskan, 18 desa itu tersebar di 6 kecamatan. Rinciannya, di Kecamatan Jatinegara meliputi Desa Tamansari, Dukuhbangsa, Luwihjawa, Lembahsari, Wotgalih, Jatinegara, Kedungwungu, Penyalahan, Padasari, Lebakwangi dan Desa Argatawang.

Kemudian di Kecamatan Suradadi terdapat 3 desa, yaitu Desa Harjasari, Jatimulya dan Desa Suradadi. Sedangkan di Kecamatan Warureja hanya di Desa Kedungkelor. Di Kecamatan Kedungbanteng Desa Karanganyar, Kecamatan Balapulang Desa Harjawinangun dan Kecamatan Pangkah di Desa Pener.

"Sebelumnya cuma 9 desa. Tapi sekarang menjadi 18 desa. Dan yang terparah di Kecamatan Jatinegara," kata Sunarto.

Meski jumlah wilayah yang krisis air bersih bertambah, tetapi PMI tidak patah semangat. PMI akan selalu membantu air bersih untuk masyarakat yang mengalami krisis air bersih. 

BACA JUGA:Kabupaten Tegal Krisis Air Bersih, 108 Ribu Liter Air Disalurkan Bupati Gandeng PMI dan Baznas

BACA JUGA:Memprihatinkan! Krisis Air Bersih Bikin Warga Kedungwungu Kabupaten Tegal Terpaksa Lakukan Ini

Sumber: radartegal.disway.id