Bupati Tegal Khawatir Kasus Stunting Naik Akibat Krisis Air Bersih : Ini Sangat Berpotensi

Bupati Tegal Khawatir Kasus Stunting Naik Akibat Krisis Air Bersih : Ini Sangat Berpotensi

Bupati Umi Azizah bersama Direktur RSUD dr Soeselo Kabupaten Tegal dr Guntur Muhammad Taqwin saat menyalurkan bantuan air bersih di Desa Pener Kecamatan Pangkah.-Yeri Noveli-

RADAR TEGAL - Wilayah Kabupaten Tegal saat ini sedang dilanda kemarau ekstrem yang menyebabkan krisis air bersih terjadi dimana-mana. Lebih dari 10 desa di 4 kecamatan mengalami kelangkaan air bersih.

Kondisi ini sangat berpotensi menyebabkan kasus stunting naik. Hal itu karena dipicu oleh sanitasi yang buruk.

"Jika tidak diantisipasi atau ditangani secara baik, ini berpotensi memunculkan kasus stunting," kata Bupati Tegal Umi Azizah, saat menyalurkan bantuan air bersih.

Orang nomor satu di Kabupaten Tegal ini menghendaki pemerintah desa bisa meningkatkan koordinasinya dengan pemerintah daerah. 

BACA JUGA:Dilanda Krisis, Bantuan 6000 Liter Air Bersih Buat Warga Kedungwungu Kabupaten Tegal Bungah

BACA JUGA:9 Desa Alami Krisis Air Bersih, Bupati Tegal Umi Azizah Khawatirkan Hal Ini

Utamanya menyangkut kebutuhan air bersih warga. Pihaknya tidak ingin kasus stunting mengalami peningkatan.

Dia menyebut, angka stunting di Kabupaten Tegal berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) berkurang 5,7 persen dari 28 persen di tahun 2021 menjadi 22,3 persen di tahun 2022. 

Menurut Umi penanganan stunting merupakan bagian dari upaya besar bangsa Indonesia dalam membangun generasi sehat, cerdas, dan kuat guna mendukung terwujudnya Indonesia Emas, Indonesia Maju yang berdaya saing. 

Namun demikian, penanganan stunting ini memerlukan konvergensi aksi yang berkelanjutan dan melibatkan peran banyak pihak, terutama pada intervensi sensitif.

BACA JUGA:Sumber Air Bersih Warga Lereng Gunung Slamet Mengering, PPKBD Pemalang Gelontorkan Bantuan

BACA JUGA:Kabupaten Tegal Krisis Air Bersih, 108 Ribu Liter Air Disalurkan Bupati Gandeng PMI dan Baznas

“Menangani stunting ini harus dilakukan lewat berbagai cara, daya dan upaya, termasuk memperkuat koordinasi. Tidak hanya di lingkup pemerintahan saja, tapi pentahelix melibatkan elemen masyarakat, komunitas peduli, pelaku usaha, hingga media massa,” kata Umi menjelaskan.

Umi tak menampik, dampak El Nino ini sangat berimbas bagi masyarakat. Banyak sumber mata air yang mengering sehingga terjadi kelangkaan air bersih. 

Sumber: