Perluas Ruang Berkarya Musisi Jalanan, Ganjar: Harus Buat Lebih Banyak Event

Perluas Ruang Berkarya Musisi Jalanan, Ganjar: Harus Buat Lebih Banyak Event

Ganjar nyanyi saat menghadiri pentas apresiasi musisi jalanan di Semarang.-Istimewa-

BACA JUGA:Jambore Kebangsaan Kawal Pemilu Damai 2024, Ganjar: Jateng Harus Jadi Contoh Pemilu Damai

Sejauh ini sertifikasi musisi jalanan yang dilakukan oleh Institut Musisi Jalanan (IMJ) didukung oleh Dirjen Kebudayan terlah mendata ribuan musisi jalanan. Sekitar 550 musisi jalanan sudah memiliki lisensi atau sertifikat yang sah.

Maka dari itu, ruang ekspresi untuk menampilkan kreativitas itu harus diperbanyak. Ganjar mengusulkan agar dibuat event atau festival. Jika perlu Ganjar ingin ada tempat yang secara berkelanjutan dapat digunakan musisi jalanan tampil.

"Saya usul tadi, ada dong festivalnya. Ada dong tempatnya," lanjut Ganjar.

Terakhir, Ganjar ingin karya-karya dari musisi jalanan itu mendapatkan nilai yang sesuai. Misalnya ketika para musisi sudah membuat lirik dan lagu original bahkan sampai terkenal dan diputar di mana-mana, royalti kepada musisi harus diberikan. 

BACA JUGA:Ratusan Pesepeda Beri Salam Perpisahan dan Ucapan Cinta kepada Ganjar Pranowo

"Kalau mereka sudah menuliskan lirik lagunya, bagus, terkenal, diputar di bus kota, restoran, hotel atau tempat hiburan royaltinya dibayar, itu cuma 2 persen kok. Kalau itu terjadi, penegakan hukumnya dilakukan, maka orang akan sangat menghormati seniman beserta karyanya," tambahnya.

Sekretaris Dirjen Kebudayan Kemendikbud, Fitra Arda, mengatakan kurasi dan sertifikasi itu sudah mulai dilakukan. Dimulai pada tahun 2017 ketika melibatkan musisi jalanan dalam pembuatan undang-undang pemajuan kebudayaan.

"Kita merancang bagaimana seluruh seniman mendapatkan tempat. Maka kita kurasi dan sertifikasi mereka.Kita tidak mau teman musisi jalanan ditangkap satpol PP. IMJ itu ruang untuk manajemen talenta karena kami ingin musisi jalanan menjadi agen perubahan dan menyadarkan masyarakat bahwa mereka seniman yang menghasilkan karya," katanya. *

Sumber: