Kekurangan Air Bersih Karena Kemarau Ekstrem, 3 Kecamatan di Kabupaten Tegal Digelontor PMI

Kekurangan Air Bersih Karena Kemarau Ekstrem, 3 Kecamatan di Kabupaten Tegal Digelontor PMI

AIR BERSIH - Petugas PMI Kabupaten Tegal menyalurkan bantuan air bersih untuk warga Desa Dukuhbangsa Kecamatan Jatinegara.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Kekurangan air bersih karena kemarau ekstrem mulai terjadi di 3 kecamatan di Kabupaten Tegal. Hal tersebut menjadi salah satu dampak El Nino.

Tiga kecamatan yang mengalami krisis air bersih di antaranya Kecamatan Jatinegara, Warureja dan Suradadi. 

Sejak awal Agustus, sumur warga di tiga kecamatan tersebut sudah banyak yang mengering. Sehingga warga membutuhkan pasokan air bersih.

Tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal tidak tutup mata. Sejauh ini, PMI sudah kerap menyalurkan bantuan air bersih ke tiga kecamatan tersebut. 

BACA JUGA:Dua Desa Kesulitan Air Bersih, PMI Kabupaten Tegal Langsung Gelontor 5 Tangki

BACA JUGA:Puncak Kemarau, BPBD Kabupaten Tegal Petakan Wilayah Rawan Air Bersih

Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo melalui Kepala Markas PMI Sunarto mengatakan, mendasari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak fenomena dampak El Nino ini diperkirakan akan terjadi pada Agustus hingga September mendatang. 

"Warga harus waspada, karena El Nino akan berlangsung sampai bulan depan," kata Sunarto.

Dia menjelaskan, PMI sudah menggelontorkan air bersih di 3 kecamatan tersebut sebanyak 378.000 liter atau 63 tangki. Jumlah itu terhitung sejak Kamis 24 Agustus 2023 lalu. 

Adapun penerima manfaat air bersih sebanyak 8.088 kepala keluarga atau sekitar 37.416 Jiwa. Rinciannya, di Kecamatan Jatinegara terdapat 2 desa, yakni Desa Tamansari dan Dukuhbangsa. 

BACA JUGA:Puncak Kemarau Ajuan Droping Air Bersih di Perumda Tirta Ayu Tegal Meningkat

BACA JUGA:Warga Desa Beluk Pemalang Curhat Kekeringan, Kapolres Gelontorkan Bantuan Air Bersih 9.000 Liter

Kemudian di Kecamatan Warureja hanya 1 desa yaitu Desa Kedungkelor. Sedangkan di Kecamatan Suradadi sebanyak 2 desa, antara lain Desa Jatimulya dan Desa Harjasari.

Sumber: radartegal.disway.id