Dilanda Kemarau Ekstrem, Bantuan Air Bersih Digelontor Kejari Bersama PMI di 3 Kecamatan

Dilanda Kemarau Ekstrem, Bantuan Air Bersih Digelontor Kejari Bersama PMI di 3 Kecamatan

YERI NOVELI/RADAR SLAWI AIR BERSIH - Kajari Kabupaten Tegal Suyanto didampingi Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo dan Camat Suradadi serta Kades Harjasari menyalurkan air bersih untuk warga terdampak kekeringan, di Desa Harjasari, Rabu 30 Agustus 202-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Dilanda kemarau ekstrem, bantuan air bersih digelontor Kejari bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal di 3 kecamatan. Tiga kecamatan di Kabupaten Tegal tersebut diketahui mengalami kekeringan. 

Yakni, di Kecamatan Suradadi, Warureja dan Jatinegara. Selama sekitar 2 bulan terakhir, warga di tiga kecamatan tersebut mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Penyebabnya, sumur warga banyak yang mengering.

Harti, 52 tahun, warga RT 01 RW 07 Desa Harjasari menuturkan, kekeringan melanda desanya sejak 3 bulan lalu. Selama ini, warga hanya mengandalkan air sungai untuk mandi, cuci dan kebutuhan lainnya. 

Karena sumur di rumahnya sudah mengering. Sedangkan untuk air minum, dia harus membeli setiap hari. 

"Kalau air minum, saya beli galon, air isi ulang, tiap hari beli Rp5000," ceritanya. 

BACA JUGA:Kekeringan Kian Meluas, 3 Desa di Kabupaten Pekalongan Minta Dropping Air Bersih

BACA JUGA:Kekurangan Air Bersih Karena Kemarau Ekstrem, 3 Kecamatan di Kabupaten Tegal Digelontor PMI

Mengetahui hal itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Tegal Suyanto langsung mengambil langkah sigap. Dia bersama jajarannya langsung menggelontorkan bantuan air sebanyak 10 tangki di tiga kecamatan tersebut. 

"Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Kejari dengan PMI Kabupaten Tegal," kata Suyanto yang juga menjabat sebagai ketua Bulan Dana PMI Kabupaten Tegal, saat membantu air bersih di Desa Harjasari Kecamatan Suradadi, Rabu 30 Agustus 2023.

Suyanto mengaku sudah mengalokasikan desa-desa yang terdampak kekeringan dan mengalami krisis air bersih. Salah satunya di Desa Harjasari. 

Di desa itu, dia mendroping 2 tangki air bersih. Sedangkan sisanya, akan dialokasikan ke beberapa desa lainnya yang kekurangan air bersih.

"Kami sudah menyiapkan 10 tangki untuk desa-desa yang terdampak kekeringan," ucapnya.

BACA JUGA:Kantor PT Tirta Utama Jawa Tengah Diresmikan, Ganjar Minta Perseroda Air Bersih Lakukan Ini

BACA JUGA:Dua Desa Kesulitan Air Bersih, PMI Kabupaten Tegal Langsung Gelontor 5 Tangki

Sumber: radartegal.disway.id