Dianggarkan Hingga Rp13,2 Miliar, Program Rehab RTLH Ditinjau Bupati Tegal

Dianggarkan Hingga Rp13,2 Miliar, Program Rehab RTLH Ditinjau Bupati Tegal

TINJAUAN- Bupati Tegal Umi Azizah didampingi Kepala Disperkim Kabupaten Tegal dan Camat Balapulang meninjau rumah penerima manfaat program rehab RTLH di Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang, Rabu 23 Agustus 2023.-Humas Pemkab Brebes-

“Kehadiran fasilitator pemberdayaan pada program penanggulangan kemiskinan seperti ini sangat penting. Terutama dalam menumbuhkan mindset kemandirian penerima manfaat, menyadarkan arti pentingnya tinggal di rumah yang layak, mau berswadaya dan bisa menjalani hidupnya lebih sehat, lebih produktif lagi,” ujarnya.

Meski demikian, dia meminta agar pelaksanaan program rehab RTLH ini terus dievaluasi. Termasuk menindaklanjuti saran masukan dari penerima manfaat. 

BACA JUGA:Ketua DPRD Kota Tegal: RTLH Terealisasi 2023 Melalui Pokir

BACA JUGA:Walikota Tegal Dedy Yon Buka Musyda MUI Kota Tegal, Minta Jaring Figur Terbaik

Sebab, keberlanjutannya dalam mendukung program penanggulangan sangat tinggi. Termasuk penataan lingkungan permukiman kumuhnya.

Terlebih, menurutnya, masih ada backlog sekitar 24 ribu unit RTLH di Kabupaten Tegal yang belum tersentuh program ini. Sementara jumlah RTLH yang berhasil dipugar sejak tahun 2014 saat dirinya menjabat Wakil Bupati Tegal hingga tahun 2023 ini mencapai 11.569 unit.

Pihaknya pun meminta ke depannya ada cost sharing dari pemerintah desa untuk menyempurnakan pekerjaan program rehab RTLH yang rata-rata masih menyisakan pekerjaan lantai, kamar mandi dan WC, dapur, plafon hingga plesteran dinding.

Lilik Mujiono, salah satu penerima manfaat asal Desa Kalibakung, Kecamatan Balapulang mengaku senang mendapatkan bantuan program rehab RTLH ini. Dia pun menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Tegal dan seluruh pihak yang telah membantu memperbaiki rumah miliknya.

BACA JUGA:Dapat Bantuan RTLH dari Ganjar, Pedagang Cilok Menangis Haru

BACA JUGA:Tahun Ini, 758 RTLH di Brebes Bakal Terima Bantuan

“Alhamdulillah, saya sangat senang dan sangat berterimakasih kepada ibu bupati dan semua pihak yang telah membantu saya,” ujarnya.

Mujiono yang kesehariannya bekerja sebagai penjaga malam di Objek Wisata Kalimus menerangkan jika dirinya mendapatkan bantuan senilai Rp20 juta dengan rincian Rp17,5 juta untuk belanja material dan sisanya Rp 2,5 juta untuk jasa pekerja bangunan. 

Selain itu, dia juga mengalokasikan dana swadaya senilai Rp8 juta untuk menuntaskan pembangunan rumahnya.

“Alhamdulillah rumah saya sekarang jadi kokoh dan layak untuk ditempati karena sudah tidak pakai kayu lagi,” tuturnya.

BACA JUGA:Dapat Bantuan RTLH, Bahagianya Guru Ngaji di Kendal Ayyub dan Rosidin

Sumber: radartegal.disway.id