Dianggarkan Hingga Rp13,2 Miliar, Program Rehab RTLH Ditinjau Bupati Tegal

Dianggarkan Hingga Rp13,2 Miliar, Program Rehab RTLH Ditinjau Bupati Tegal

TINJAUAN- Bupati Tegal Umi Azizah didampingi Kepala Disperkim Kabupaten Tegal dan Camat Balapulang meninjau rumah penerima manfaat program rehab RTLH di Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang, Rabu 23 Agustus 2023.-Humas Pemkab Brebes-

RADAR TEGAL- Memastikan penerima manfaat program penanggulangan kemiskinan senilai Rp13,2 miliar tepat sasaran, Bupati Tegal Umi Azizah meninjau langsung pelaksanaan program rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di sejumlah desa di Kecamatan Balapulang, Rabu 23 Agustus 2023. 

Umi meninjau program rehab RTLH bersama Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Pertanahan (Disperkim) Kabupaten Tegal Jaenal Dasmin.

“Di sini kita coba cek penerima manfaatnya. Apakah mereka benar-benar MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) ataukah tidak. Berapa nilai swadayanya, bagaimana prosedur mendapat bantuan. Dan yang paling penting, nilai bantuannya yang sebesar Rp20 juta per rumah ini diterima penuh ataukah tidak, ada potongan ataukah tidak,” kata Umi.

Dari laporan dinas terkait, anggaran program rehab RTLH untuk Kecamatan Balapulang ini sudah tersalurkan 100 persen. Mayoritas rumah yang direhab sudah bisa ditempati kembali penghuninya. 

BACA JUGA:Rampungkan Rehab 662 RTLH, Dinas Perkim Kabupaten Tegal Siapkan Anggaran 11 Millar Lebih

BACA JUGA:Dua RTLH di Brebes Terima Bantuan Bedah Rumah

Hal tersebut menurutnya sudah sesuai target waktu penyelesaian program di bulan Agustus 2023 untuk Kecamatan Balapulang.

“Program ini ditargetkan rampung bulan Agustus (2023). Jadi saya coba cek acak tadi ke penerima manfaat, ternyata sudah pada selesai. Bahkan sebagian sudah mulai ditempati kembali. Ada memang yang masih berproses, tapi ternyata itu dari anggaran desa,” ungkapnya.

Umi menguraikan, dari Rp13,2 miliar anggaran program rehab RTLH tahun ini, 89,5 persennya atau Rp11,82 miliar bersumber dari APBD Kabupaten Tegal untuk merehab 591 unit RTLH. 

Selain itu juga ada dari APBD Provinsi Jawa Tengah senilai Rp960 juta dan bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) senilai Rp300 juta serta dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Tengah senilai Rp158 juta.

BACA JUGA:Ganjar Bungah Cek Hasil Bantuan RTLH di Rembang Melebihi Ekspektasi

BACA JUGA:RTLH Milik Warga Sewaka Nyaris Ambruk, Baznas Pemalang Gerak Cepat Gelontorkan Bantuan

Umi pun berharap program rehab dari keseluruhan 662 unit RTLH yang direhab tahun ini dapat selesai semuanya tepat waktu. Pihaknya pun mengapresiasi kehadiran fasilitator pendamping program sebagai kepanjangan tangan pemerintah daerah.

Untuk memastikan ketepatan sasaran penerima manfaat, penggalian swadaya masyarakat hingga ketepatan mutu bangunan dan volume pekerjaan yang didanai pemerintah.

Sumber: radartegal.disway.id