KEREEN! Kain Merah Putih Sepanjang 1 Kilometer Lebih 'Selimuti' Bukit Pangonan Banyumas

KEREEN! Kain Merah Putih Sepanjang 1 Kilometer Lebih 'Selimuti' Bukit Pangonan Banyumas

Kain merah putih sepanjang lebih dari 1 kilometer 'selimuti' Bukit Penguonan Kebumen.--Radar Banyumas

RADAR TEGAL - Kain merah putih sepanjang 1 kilometer lebih, tepatnya 1.080 meter 'selimuti' Bukit Pangonan Indah Desa Karanggintung, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas.

Kain merah putih itu dibentangkan 200 orang di atas 75 unit kendaraan pikap pada Minggu 13 Agustus 2023.

Aksi keren tersebut dialkukan dalam rangkan memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

"Bendera merah putih sepanjang 1.080 meter ini dibentangkan di Bukit Pangonan dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI," ungkap Camat Kemranjen Dwi Irawan Sukma, bersama Danramil 11 Kemranjen Kapten Arm Siswandi, Kapolsek Kemranjen AKP Jamin, dan Komunitas Pickup Indonesia Koridor Ngapak Raya.

Menurutnya, pembentangan kain merah putih yang menyimbolkan bendera Indonesia ini sangat sakral.

BACA JUGA:Sambut HUT RI, Warga Kampung di Tegal Bentangkan Kain Merah Putih Sepanjang 150 Meter

Saat pembentangan ditandai dengan pembunyian suara sirine disertai dengan penghormatan. Ini sebagai bentuk atau wujud rasa cinta tanah air di momen Hari Kemerdekaan Indonesia. Disebutkan, aksi patriotik sedikitnya diikuti oleh 200 orang

"Pembentangan bendera merah putih ini harapannya lebih cinta tanah air dan bangsa, serta  NKRI," imbuh Irawan sebagaimana dilansir radarbanyumas.disway.id.

Diketahui, aksi pembentangan kain merah putih panjang tidak hanya dilakukan di Banyumas. Sebelumnya sejumlah daerah lain yang ada di Jawa Tengah juga melakukan hal sama.

Di Kabupaten Tegal misalnya, warga di lontrong 15 Desa Pekauman Kulon Kecamatan Dukuhturi membentangkan kain merah putih sepanjang 150 meter. Hal itu, mereka lakukan untuk menyambut sekaligus menyematakan HUT RI ke-78 tahun ini.

Ketua Gerakan Masyarakat (Germas) Lontrong 15 Desa Pekauman Kulon, Ahmad Muzaki mengatakan kain merah putih itu warga buat pada 2022 lalu. Dengan biaya swadaya dari iuran warga dengan total anggaran Rp2,5 juta.

BACA JUGA:Warga Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 1 KM dalam Kirab Bersama Habib Luthfi di Tegal

"Dengan biaya swadaya, kita membentangkan kain merah putih sepanjang 150 meter dengan lebar dua meter. Kain itu, kita bentangkan di lontrong 15," katanya.

Menurut Muzaki, ide tersebut muncul dari warga untuk memeriahkan HUT RI tahun ini. Kain itu, sebelumnya juga dibentangkan pada 2022 lalu untuk momen yang sama.  

Sumber: