Sambut HUT RI, Warga Kampung di Tegal Bentangkan Kain Merah Putih Sepanjang 150 Meter

Sambut HUT RI, Warga Kampung di Tegal Bentangkan Kain Merah Putih Sepanjang 150 Meter

Peringatan HUT RI ke-78, warga bentangkan kain merah putih 150 meter--

RADAR TEGAL - Warga di lontrong 15 Desa Pekauman Kulon Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal membengangkan kain merah putih sepanjang 150 meter. Hal itu, mereka lakukan untuk menyambut sekaligus menyematakan HUT RI ke-78 tahun ini.

Ketua Gerakan Masyarakat (Germas) Lontrong 15 Desa Pekauman Kulon, Ahmad Muzaki mengatakan kain merah putih itu warga buat pada 2022 lalu. Dengan biaya swadaya dari iuran warga dengan total anggaran Rp2,5 juta.

"Dengan biaya swadaya, kita membentangkan kain merah putih sepanjang 150 meter dengan lebar dua meter. Kain itu, kita bentangkan di Lontrong 15,"katanya.

Menurut Muzaki, ide tersebut muncul dari warga untuk memeriahkan HUT RI tahun ini. Kain itu, sebelumnya juga dibentangkan pada 2022 lalu untuk momen yang sama.  

"Alhamdulillah, tahun ini kembali terpasang dari ujung Barat hingga Timur,"ujarnya.

Bukan itu saja, kata Muzaki, untuk mempercantik penampilan warga juga memasang lampu pada tiang penyangga kain tersebut. Lampu itu, juga berfungsi sebagai penerangan saat malam hari.

Menurut Muzaki, untuk membuat kain tersebut, dibutuhkan waktu sekitar 7 hari. Kemudian sehari lagi digunakan untuk menyelesaikan pemasangan di atas jalan sepanjang lontrong.

"Setelah jadi, pada Minggu kemarin kita pasang secara bergotongroyong,"tandasnya.

Muzaki menegaskan, warganya cukup antusias memasang kain merah putih untuk menyambut HUT RI tersebut. Apalagi, tahun sebelumnya juga sempat viral di beberapa media massa.

"Tahun ini pemasangan lebih cepat dan ringan. Karena hampir seluruh warga ikut gotong royong,"tandasnya.

Muzaki berharap, agenda pemasangan itu bisa menjadi agenda rutin tahunan. Sehingga, dapat mempererat jalinan persaudaraan antar warga sekaligus menumbuhkan patriotisme, cinta tanah air dan bangsa.

"Selain kegiatan itu, kita juga akan akan menggelar serangkaian kegiatan, dalam rangka memperingati HUT RI. Antara lain lomba-lomba menarik, jalan santai hingga malam tasyakuran,"jelasnya. ***

Sumber: