Warga Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 1 KM dalam Kirab Bersama Habib Luthfi di Tegal

Warga Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 1 KM dalam Kirab Bersama Habib Luthfi di Tegal

Warga mengibarkan bendera merah putih sepanjang 1 Kilometer dalam Kirab Bersama Habib Luthfi di Tegal--

RADAR TEGAL - Ribuan warga lintas agama mengikuti Apel yang dilanjutkan dengan kirab merah putih bersama Maulana Habib Luthfi bin Yahya di Kota Tegal, Sabtu 22 Juli 2023 siang. Dalam kirab yang menempuh jarak ratusan meter itu, mereka membentangkan bendera merah putih sepanjang 1 KM dan mengibarkan ribuan bendera.

Adapun rute dalam kirab merah putih itu yakni, Jalan Pancasila, KH. Akhmad Dahlan, RA Kartini, AR Hakim, Pangeran Diponegoro, Ahmad Yani dan finish di Veteran. Warga Kota Tegal dan sekitarnya juga tampak memadati ruas jalan yang dilewati peserta kirab lantaran penasaran ingin menyaksikannya.

Pada kirab tersebut, Maulana Habib Luthfi bin Yahya menaiki kereta kencana di depan barisan. Sebelum pelaksanaan kirab, warga menggelar Apel bersama dan doa bersama lintas agama demi bangsa dan Negara Indonesia.

Usai mengikuti kirab kebangsaan, melalui sejumlah wartawan Habib Luthfi berpesan kepada seluruh masyarakat untuk selalu mencintai bangsa dan Tanah Air. Agar bangsa Indonesia itu besar.

"Cintai selalu tanah air dan bangsa, lihatlah Indonesia itu besar,"katanya.

Sebelumnya, Habib Luthfi juga menyampaikan sudah sepantasnya masyarakat sebagai orang tua dari pada TNI-Polri memberikan kado terbaik untuk putra-putrinya. Sehingga, hari ini dilaksanakan Apel dan kirab sebagai hadiah kepada Polri yang sedang berulang tahun untuk ke 77 tahun.

"Selaku orang tua, kami bangga memiliki anak-anak seperti TNI-Polri yang sangat tangguh dan membanggakan,"kata Habib Luthfi.

Habib Luthfi juga menegaskan tidak rela jika NKRI dipecah belah, karenanya sebagai pemilik bangsa maka rakyat harus bersatu. TNI-Polri bersama masyarakat harus selalu menegakan keutuhan NKRI. 

"Serta jangan sampai terpecah belah oleh pihak manapun. Saya tidak mau NKRI ini dipecah belah,"pesannya.

Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi, kegiatan itu terselenggara sebagai bentuk hadiah terindah dari pada masyarakat kepada Polri. Sehingga melalui FKUB dari eks Karesidenan Pekalongan menggelar kegiatan tersebut dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77. 

"Selain itu, kegiatan ini juga untuk menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan pada diri seluruh masyarakat terutama bagi kalangan anak-anak muda,"katanya.

Nilai-nilai kebangsaan itu, kata Kapolres, seperti jiwa persatuan dan kesatuan, kebhinekaan serta menumbuhkan toleransi antar umat beragama juga antar suku. Khususnya bagi para anak-anak muda sebagai penerus bangsa. 

"Harapannya kedepan, sinergitas antara TNI-Polri bersama masyarakat semakin solid. Sehingga dapat saling bahu membahu dan berkerja sama dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif,"tandasnya.

Kapolres menegaskan kegiatan itu mendapat dukungan penuh dari Pemerintah, tokoh Agama, tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat di Kota Tegal. Dengan membentangkan kain merah putih sepanjang 1 Kilometer dan pengibaran 8.000 bendera melalui kirab tersebut. ***

Sumber: