5 Fakta Menarik dan Mitos Goa Sunyaragi, Salah Satunya Jadi Pemakaman

5 Fakta Menarik dan Mitos Goa Sunyaragi, Salah Satunya Jadi Pemakaman

--detik.com

RADAR TEGALGoa Sunyaragi tidak hanya terkenal karena keindahan rekayasa alam dan arsitekturnya, tetapi juga fakta sejarah dan kisah mistisnya. Gua ini sempat menghebohkan publik dengan mitos lorong teleportasi ke Mekkah dan Tiongkok.

Awalnya, destinasi wisata Cirebon satu ini merupakan pemandian atau taman air dengan terjun buatan yang dikenal sebagai Taman Sari Sunyaragi. Namun, karena bagian dalam kompleks bangunan tersebut banyak gua buatan, orang pun menyebutnya Goa Sunyaragi

BACA JUGA:3 Mitos Unik Gua Sunyaragi di Cirebon, Ada Lorong yang Dipercaya Bisa Tembus sampai Ke China dan Mekkah

Goa Sunyaragi dulunya menjadi tempat bersemedi para sultan sebagaimana namanya sunya yang berarti ‘sepi’ dan ragi yang berarti ‘raga’ dalam bahasa Sanskerta. Pembangunan situs ini diprakarsai oleh Pangeran Kararangen atau Pangeran Arca Carbon pada 1703 dalam kitab yang ditulisnya berjudul Carita Purwaka Caruban Nagari.

Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan mengajak Anda untuk mengenal salah satu tempat bersejarah yang terkenal di Indonesia, tepatnya di tanah Jawa. Melansir dari kanal youtube Tualang Brebes berikut informasi mengenai 5 fakta menarik dan mitos Goa Sunyaragi

BACA JUGA:Mitos Gua Sunyaragi di Cirebon, Ternyata Ada Ruangan Penawar Kutukan Patung Perawan Sunti

5 Fakta menarik dan mitos Goa Sunyaragi

1. Keunikan arsitekturnya

Gua ini menampilkan desain yang unik dan juga sangat rumit karena berhasil memadukan antara budaya Tiongkok, Jawa, dan Islam. Dalam filosofi Islam, pintu gua yang berukuran sempit dan kecil ini bermakna setiap perbuatan menjadi tanggunan diri masing-masing saat kelak di akhirat.

Uniknya, semua elemen di Sunyaragi terbuat dari batu karang yang konon dibawakan oleh pasukan gaib dari Pantai Selatan. Selain itu, diyakini juga pembangunan taman ini didasarkan pada implementasi mimpi Sunan Gunung Jati.

Situs ini memiliki total 12 bangunan, yakni Bangsal Jinem, Gua Pengawal, Kompleks Mande Kemasan, Gua Pande Kemasan, Gua Simanyang, Gua Langse, Gua Peteng, Gua Arga Jumud, Gua Padang Ati, Gua Kelanggengan, Gua Lawa, dan Gua Pawon.

BACA JUGA:Misteri Gua Sunyaragi, Gadis Perawan Dilarang Sentuh Batu Ini Jika Ingin Jodohnya Dekat

2. Pemakaman para sultan Cirebon dan arwah arsitek Cina

Selain sebagai pesanggrahan, tempat ini juga menjadi pemakaman bagi para sultan Cirebon. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya gua tersebut sehingga dijadikan sebagai tempat pemakaman bagi para bangsawan pada masa lalu.

Sumber: youtube tualang brebes