3 Mitos Unik Gua Sunyaragi di Cirebon, Ada Lorong yang Dipercaya Bisa Tembus sampai Ke China dan Mekkah

3 Mitos Unik Gua Sunyaragi di Cirebon, Ada Lorong yang Dipercaya Bisa Tembus sampai Ke China dan Mekkah

Tanan Sari Gua Sunyaragi merupakan bangunan yang sarat sejarah yang masih menyimpan berbagai mitos unik keberadaannya hingga saat ini.-foto: radar cirebon-

RADAR TEGAL - Kota Cirebon di Jawa Barat mempunyai banyak peninggalan sejarah. Salah satunya adalah Taman Sari Gua Sunyaragi yang banyak mempunyai mitos unik.

Sebagai kota yang berada di pesisir pantai Laut Jawa, Kota Cirebon juga dikenal sebagai kota pelabuhan sejak zaman dulu. Gua Sunyaragi sendiri merupakan salah satu tempat wisata yang sangat bersejarah di Kota Udang tersebut.

Meski kental dengan nilai historisnya, ternyata Gua Sunyaragi juga menyimpang berbagai macam mitos yang selama ini berkembang di kalangan masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya. Salah satunya terkait pengunjungnya yang bisa enteng jodoh.

Menurut sejumlah penuturan warga sekitar Gua Sunyaragi, terdapat beberapa bagian di dalam obyek wisata tersebut yang memiliki mitosnya masing-masing. Di antaranya adalah tiga mitos yang paling sering dibicarakan banyak orang.

3 mitos unik Gua Sunyaragi

Taman Sari Gua Sunyaragi adalah sebuah gua buatan di Kelurahan Sunyaragi Kecamatan Kesambi Kota Cirebon. Tempat ini sering disebut sebagai Tamansari Sunyaragi, yang berasal dari kata sunya yang berarti sepi dan kata ragi yang artinya adalah raga.

Dari berbagai literatur sejarah, Gua Sunyaragi didirikan tahun 1703 Masehi oleh Pangeran Kararangen atau pangeran Arya Carbon, salah seorang cicit dari Sunan Gunung Jati. Pada Bangunan milik Keraton Kasepuhan itu, terdapat banyak ruangan yang memiliki kegunaan berbeda-beda.

Konon Gua Sunyaragi terdiri dari 12 gua yang mempunyai kegunaannya masing-masing. Di antaranya adalah Bangsal Jinem, Gua pengawal, Kompleks Mande Kemasan, Pandekemasang, Simanyang, Langse, Peteng, Arga Jumud, Padang Ati, Kelanggengan, Lawa, dan Pawon.

1. Gua Kelanggengan Buat Enteng Jodoh

Mitos di sini merupakan kebalikan dari Patung Perawan Sunti, yakni membuat cepat dapat jodoh. Gua Kelanggengan berasal dari kata langgeng, yang artinya abadi, awet, dan tahan lama.

Mitosnya, jika orang yang belum menikah masuk ke gua ini, maka akan cepat dapat jodoh. Dan bagi yang sudah punya jodoh, maka akan semakin dilanggengkan.

Hal ini membuat orang-orang beranggapan, jika tak sengaja menyentuh Patung Perawan Sunti, maka cukup masuk ke Gua Kelanggengan saja untuk menangkal mitos dari Patung Perawan Sunti.

Namun, semua itu hanyalah mitos Gua Sunyaragi yang berkembang di masyarakat. Mitos-mitos yang ada merupakan kekayaan budaya Cirebon. Semuanya dikembalikan ke diri masing-masing.

2. Ada Lorong yang Bisa Tembus sampai ke Mekah dan China

Sumber: