Peringati Scottish Wildcat Day, Kucing Liar di Skotlandia Ternyata Terancam Punah! Ini 3 Fakta Menariknya

Peringati Scottish Wildcat Day, Kucing Liar di Skotlandia Ternyata Terancam Punah! Ini 3 Fakta Menariknya

Ilustrasi. Fakta menarik kucing liar di Skotlandia yang terancam punah-Pexels/Ege-

RADAR TEGAL – Tiap 8 Agustus Britania Raya memperingati Scottish Wildcat Day atau Hari Kucing Liar di Skotlandia. Peringatan ini cukup populer bagi warga setempat, khususnya Skotlandia.

Mereka memperingati Hari Kucing Liar di Skotlandia ini sebagai bentuk kampanye terhadap pelestarian spesies kucing liar disana yang saat ini terancam punah. Spesies kucing ini diyakini memiliki ciri khas tertentu lewat evolusi selama beberapa ribu tahun.

Lantas, mengapa kucing liar di Skotlandia ini bisa terancam punah? Simak pembahasan berikut hingga akhir artikel beserta fakta menariknya.

3 fakta menarik kucing liar di Skotlandia

1) Terancam punah akibat invasi spesies lain

Kucing liar yang ada di Skotlandia masuk dalam spesies Felis Silvestris yang merupakan salah satu kucing liar dari Eropa.

Spesies kucing satu ini jumlahnya sekitar kurang dari seribu ekor di alam liar. Maka dari itu, kucing dengan corak abu-abu dengan garis hitam ini masuk dalam daftar spesies yang terancam punah.

Anjloknya populasi kucing liar ini terjadi diperkirakan akibat adanya invasi dari spesies kucing lain yang masuk wilayah Britania Raya, terutama Skotlandia.

BACA JUGA : 5 Fakta Menarik Hewan Quokka, Mamalia Endemik Australia yang Murah Senyum!

Adanya perkawinan antara spesies juga bisa menjadi salah satu penyebab turunnya populasi kucing liar di Skotlandia sejak abad ke-20.

Tidak hanya itu, rusaknya habitat mereka yang biasanya ada di dataran tinggi juga bisa mengakibatkan turunnya jumlah kucing liar. 

Bahkan, kucing-kucing yang bekeliaran di luar sana banyak diburu karena dianggap bisa menyebarkan wabah penyakit.

2) Predator alami tikus pohon

Fakta menarik berikutnya tentang kucing liar di Skotlandia ini bahwa mereka merupakan predator alami dari tikus pohon atau Apodemus Sylvaticus.

Sumber: