Setir Mobil di Indonesia di Sebelah Kanan, Ternyata Begini Sejarah dan Alasannya

Setir Mobil di Indonesia di Sebelah Kanan, Ternyata Begini Sejarah dan Alasannya

OTOMOTIF- Posisi setir mobil di Indonesia yang di sisi kanan.-(Gmabar Pinterest)----

radartegal.id - Pernahkah kamu bertanya-tanya, kenapa setir mobil di Indonesia sebelah kanan, sedangkan di banyak negara lain setirnya di kiri? Ternyata, ada sejarah panjang dan menarik di balik keputusan ini. Yuk, kita kupas tuntas dalam artikel ini!

Sejarah setir mobil di Indonesia

Mengutip dari salah satu video short @geraldvincent, ternyata ada alasan sejarah mengapa mobil di Indonesia setirnya di kanan. Indonesia pernah dijajah oleh Inggris dan Jepang, dan kedua negara ini menggunakan kendaraan dengan setir di kanan. Karena itu, Indonesia mengikuti kebiasaan tersebut.

Namun, pertanyaannya adalah, kenapa Inggris dan Jepang menggunakan setir di kanan? Jawabannya terletak pada sejarah berkendara kuda pada zaman dulu.

Kebiasaan berkendara kuda dan posisi senjata

Pada zaman dahulu, orang-orang berkendara kuda sambil membawa senjata di tangan kanan mereka. Mengapa tangan kanan? Karena sebagian besar orang di dunia adalah pengguna tangan kanan (kanan dominan), sehingga lebih mudah dan nyaman memegang senjata dengan tangan kanan.

BACA JUGA: Sempat Viral, Suzuki Bantah Ada Mobil Swift Terbaru Tahun 2024

BACA JUGA: Begini Cara Gearbox Mobil Matic Biar Awet, Mudah dan Praktis

Saat berkendara kuda, musuh biasanya datang dari arah berlawanan, sehingga berkendara di sisi kiri jalan membuat pengendara lebih siap menggunakan senjata di tangan kanan mereka untuk bertarung.

Karena itu, ketika kendaraan bermotor mulai digunakan, kebiasaan ini diteruskan. Kendaraan dengan setir di kanan memungkinkan pengemudi duduk lebih dekat dengan tengah jalan, memberikan visibilitas yang lebih baik terhadap lalu lintas dari arah berlawanan.

Ini juga membantu dalam menghindari tabrakan dengan kendaraan dari arah yang berlawanan atau pembatas jalan.

Pengaruh Napoleon Bonaparte di Eropa

Sumber: